Mark Zuckerberg Jual Sahamnya di Facebook

Kompas.com - 20/12/2013, 16:44 WIB
Pendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg Kimihiro Hoshino/AFPPendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg berencana menjual 41,4 juta lembar saham yang ia miliki di Facebook, atau sekitar 2,3 miliar dollar AS, Kamis (20/12/2013). Hasil penjualan akan digunakan untuk membantu Facebook membayar kewajiban pajak.

Seperti dikutip dari Reuters, penjualan ini akan mengurangi kepemilikan saham Zuckerberg di Facebook, sekaligus mengurangi hak suaranya, dari 58,8 persen menjadi 56,1 persen.

Pada kesempatan yang sama, salah seorang anggota direksi Facebook, Marc Andreessen, juga akan menjual 1,65 juta sahamnya dan Facebook akan menjual 27 juta lembar saham.

Jika ditotal, saham yang akan dilepas itu berjumlah 70 juta lembar saham yang dijual dalam penawaran saham kedua kepada publik.

Facebook mengatakan, dana dari hasil penjualan itu akan digunakan untuk modal kerja dan keperluan lainnya. Sementara itu, Zuckerberg akan menggunakan sebagian besar dana untuk membayar pajak.

Saham Facebook turun 0,94 persen menjadi 55,05 dollar AS pada penutupan perdagangan Kamis (20/12/2013) di bursa saham Nasdaq, New York, AS.

Dalam sebuah dokumen, Facebook menyatakan transaksi penjualan sahamnya kali ini akan dikelola oleh lembaga finansial JP Morgan bersama Bank of America, Morgan Stanley, dan Barclays.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Facebook didirikan pada 2004 dan kini berkantor pusat di Palo Alto, California, AS. Perusahaan melakukan penawaran saham perdana pada Mei 2012 dengan harga 38 dollar AS per lembar saham.



Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X