Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iklan Video, Laba Facebook Diramal Melejit

Kompas.com - 21/12/2013, 11:29 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Facebook baru-baru ini memperkenalkan metode iklan baru di halaman Timeline mereka. Metode iklan baru yang diperkenalkan Facebook adalah dengan memutar video secara otomatis, baik untuk pengguna di PC maupun mobile.

Walau Facebook belum mengumumkan secara resmi, berapa biaya yang harus dikeluarkan bagi pengiklan untuk memasang produknya di Timeline, namun analis telah memprediksi berapa jumlah keuntungan yang bisa diambil Facebook.

Dikutip dari Business Insider (17/12/2013), analis Sterne Agee, Arvind Bhatia dan Brett Strausser mengatakan bahwa keuntungan Facebook bisa mencapai hingga 800 juta dollar AS selama tiga tahun ke depan.

Keuntungan tersebut menurut mereka berasal dari gabungan layanan iklan yang dipasang di Facebook dan Instagram yang baru diluncurkan awal 2013. Sehingga menjadikan total pendapatan yang dicapai Facebook melejit ke 10,2 miliar dollar AS di 2014.

Iklan di video saja menurut para analis mendatangkan pemasukan 3 juta dollar AS lebih per harinya. Iklan video tersebut akan menyumbang 5 hingga 10 persen dari total iklan di Facebook di 2014, selain teks dan foto.

Facebook juga diprediksi akan mengancam iklan di televisi. Iklan video Facebook bisa melampaui capaian iklan TV yang sebesar 200 miliar dollar AS lebih di seluruh dunia. Di Amerika Serikat sendiri terdapat sekitar 90 hingga 100 juta orang yang membuka halaman Facebook di saat jam prime-time TV.

Facbook menguji coba layanan iklan video mereka di Amerika Serikat mulai 18 Desember 2013, dengan menampilkan trailer film Divergent dari kliennya, Summit Entertainment.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com