Kompas.com - 21/12/2013, 12:09 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com — Perlahan tetapi pasti, bentuk sistem operasi mobile Tizen besutan Samsung mulai jelas. Tizen adalah OS yang disebut-sebut bakal menjadi pesaing Android, setidaknya dari kubu Samsung sendiri.

Samsung memang memperoleh kejayaan besar dengan memproduksi perangkat Android semacam keluarga smartphone Galaxy S, tetapi pabrikan Korea itu tak mau terlalu tergantung dengan platform besutan Google tersebut.

Alhasil, Samsung berusaha mengembangkan OS buatan sendiri (Tizen) yang diharapkan bakal menjadi platform besar, berdampingan dengan iOS, Android, dan Windows Phone.

Meski namanya sudah banyak disebut, selama ini "bentuk" Tizen masih belum diketahui pasti. Nah, sekarang informasi mengenai hal tersebut telah mulai terkuak.

Mengutip dari SamMobile, BGR melaporkan bahwa sejumlah screenshot Tizen telah ditemukan di dalam database layanan informasi properti intelektual Korea Selatan.

Seperti bisa dilihat pada gambar-gambar screenshot di bawah, antarmuka OS ini ternyata tampil beda dari UI TouchWiz yang biasa diterapkan Samsung pada smartphone Android miliknya.

Kendati demikian, ada juga kemiripan antarmuka di antara kedua platform besutan Samsung tersebut. "(Kemiripan) terutama bisa ditemukan di icon notification bar. Beberapa fitur TouchWiz seperti Driving Mode dan S-Beam juga terlihat," tulis SamMobile.

Tizen dikabarkan bakal terus dipoles sebelum diperkenalkan secara resmi. Mengenai tanggal pasti kemunculannya, beredar informasi bahwa Samsung bakal mengumumkan OS tersebut pada Februari mendatang di ajang Mobile World Congress 2014.


BGR Screenshot sistem operasi mobile Tizen
BGR Screenshot sistem operasi mobile Tizen
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber BGR


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.