Kekuatan Komunitas Roketkan YouTube

Kompas.com - 21/12/2013, 17:56 WIB
Logo YouTube GoogleLogo YouTube
|
EditorWicak Hidayat
Bagian ketiga dari seri Tiga Serangkai Pendiri YouTube.

KOMPAS.com - Di akhir 2010, ada sebuah formula yang menyebutkan bahwa situs web bisa sukses dengan mengandalkan tiga C. Ketiga C itu adalah Content, Community dan Commerce.

Formula itu diambil dari suksesnya banyak situs web di dunia. Nah, YouTube sebagai salah satu situs yang sukses memiliki kekuatan pada dua dari tiga C di atas. YouTube memiliki Community dan Content.

Awalnya, para pendiri YouTube tak terlalu ngeh akan kekuatan 2C yang mereka miliki. Sebagai engineer (Chen dan Karim) serta desainer (Hurley) yang mereka pikirkan waktu itu hanyalah: bagaimana membuat layanan upload dan menonton video yang simpel dan bisa diakses oleh semua orang.

Produk yang mereka hasilkan memang cukup menarik. Berbekal teknologi Flash Video, YouTube memungkinkan pengguna internet menonton video tanpa perlu khawatir dengan Codec dan berbagai masalah teknis lain.

Mei 2010, ketika masa depan YouTube terlihat sangat suram, para pendirinya mencoba sebuah trik marketing yang nekat. Waktu itu, ujar Karim, yang dipikirkan hanya bagaimana agar ada gadis-gadis cantik tampil dalam video di YouTube.

“Kami mengirimkan iklan di Craigslist area Los Angeles yang isinya, kurang lebih: Hai, jika kamu gadis cantik, atau merasa punya penampilan menarik, email kami dan upload 10 video di YouTube dan kami akan membayarmu sebesar USD 100 lewat PayPal,” kata Karim.

Apakah strategi itu yang membuat YouTube melonjak? Sejujurnya, kata Karim, tak ada balasan sama sekali dari iklan mereka itu.

Artinya, kampanye nekat itu gagal.  

Pada Juni 2010, YouTube melakukan perubahan mendasar. Pertama, mereka membuat fitur seperti 'Related Videos' yang membuat pengguna bisa lebih betah melihat lebih banyak video. Kedua, mereka memperbaiki fitur share sehingga pengguna gampang memberitahu temannya akan video di YouTube lewat email.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X