Apple Patenkan Komputer "Tanpa Layar"

Kompas.com - 22/12/2013, 11:49 WIB
Paten Desk Free Computer milik Apple Paten Desk Free Computer milik Apple
|
EditorAditya Panji

KOMPAS.com - Apple baru saja mematenkan teknologi baru, yaitu komputer "desk-free." Komputer tersebut terdiri atas komputer yang sekaligus menjadi proyektor, lalu disertai alat keyboard dan mouse.

Paten ini akan mewujudkan komputer yang sangat portabel karena hadir tanpa panel layar. Pengguna tinggal menaruh komputer sekaligus proyektor itu ke arah yang diinginkan, misalnya ke dinding. Nantinya, akan ada proyeksi tampilan antarmuka seperti layar komputer.

Proyektor akan menentukan orientasi sendiri, berikut warna dan kecerahan proyeksi. Dan karena menggunakan teknologi nirkabel, maka pengguna bisa membawanya ke mana saja.

Komputer ini disebut Apple menggunakan proyektor pintar yang dilengkapi dengan akselerometer dan sensor cahaya untuk menentukan kedalaman bidang. Jika digabungkan, sensor-sensor tersebut bisa memerintah proyektor untuk menentukan di mana dan bagaimana sebaiknya menampilkan gambar, secara nirkabel.

Seperti dikutip dari BGR, Selasa (17/12/2013), paten yang didaftarkan Apple tersebut menggunakan kabel induktif dan baterai sebagai sumber tenaga komputer.

Apple sedang getol mematenkan beragam teknologi, namun baru sedikit yang diwujudkan. Perusahaan juga memiliki rencana besar untuk mengubah wujud ruang keluarga. Karena itu, paten "desk-free" mungkin menjadi bagian dari rencana tersebut, selain Apple TV.

Apple TV memang terlihat menjanjikan, namun masih ada kendala yang harus diperbaiki, terkait cara mengontrolnya. Saat ini Apple TV hanya menyediakan alat pengontrol sederhana dengan tiga tombol dan tombol arah. Walau mudah digunakan, namun fungsinya masih terbatas.

Banyak yang memprediksi Apple bakal terjun ke industri game. November 2013, Apple mengakuisisi PrimeSense asal Israel, produsen semikonduktor yang bekerjasama dengan Microsoft dalam mengembangkan sensor Kinect. Dengan kombinasi sensor buatan PrimeSense, Apple diprediksi bisa memberikan pengalaman komputasi yang lebih menarik di ruang keluarga.



Sumber BGR

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X