Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Standar "Charger" Ponsel akan Diubah

Kompas.com - 22/12/2013, 13:07 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Smartphone masa kini memiliki konektor yang serupa, yaitu micro USB. Konektor ini bisa menghubungkan ponsel ke komputer pribadi ataupun alat pengisi daya baterai (charger). Kesamaan tipe konektor tersebut adalah hasil permintaan dari komisi Uni Eropa.

Tak berhenti sampai di situ, kini Uni Eropa kembali meminta vendor-vendor smartphone membuat standar charger yang baru.

Dikutip dari Android Authority, Jumat (20/12/2013), Uni Eropa sedang menggodok undang-undang untuk memerintahkan vendor smartphone yang memasarkan produknya di Eropa, agar membuat standar charger yang baru. Undang-undang ini diharapkan rampung pada Maret 2014.

Namun demikian, Uni Eropa belum merinci lebih jelas standar charger seperti apa yang dimaksud. Android Authority memprediksi, standar baru itu adalah konektor micro USB reversible, karena konektor tersebut diramal akan menggantikan konektor micro USB.

Negara-negara di Eropa akan diberi waktu dua tahun untuk mematuhi aturan baru tersebut. Sementara vendor smartphone diberi waktu satu tahun lebih lama lagi.

Apple, merupakan salah satu perusahaan yang tidak mengikuti keinginan Uni Eropa, karena perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs itu memiliki standar konektor dan kabel charger sendiri. Belum jelas apakah Apple kembali mendapat pengecualian dari komisi Eropa atau tidak.

Sejak 2012, ketika produk iPhone 5 diluncurkan, Apple telah mengubah konektor model lamanya. Konektor terbaru milik Apple dengan ukuran lebih kecil itu dinamakan Lightning.

Kuat dugaan, langkah Uni Eropa menyeragamkan kabel dan konektor charger smartphone ini didasarkan karena banyak perisitiwa smartphone yang meledak atau melukai penggunanya saat mengisi daya baterai.

Kejadian tersebut sering terjadi karena pemakaian alat charger atau kabel yang tidak asli, serta kelalaian pengguna yang tidak mengikuti aturan pengisian daya baterai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com