Kompas.com - 25/12/2013, 10:33 WIB
Ilustrasi sistem operasi iOS7 AppleIlustrasi sistem operasi iOS7
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Ilustrasi sistem operasi iOS7

KOMPAS.com - Sistem operasi mobile terbaru Apple, iOS7, akhirnya takluk di tangan "evad3rs". Kelompok komunitas hacker tersebut merilis tool jailbreak bernama evasi0n7 untuk OS tersebut.

Sebagaimana dikutip dari The Telegraph, software tersebut diklaim mampu men-jailbreak perangkat iPhone, iPad, atau iPod yang menjalankan sistem operasi iOS versi 7.0 hingga 7.0.4.

Proses jailbreak memungkinkan pengguna perangkat iOS memasang software dari sumber selain Apple App Store. Aplikasi yang di-install pun tak harus mendapatkan izin resmi dari Apple, termasuk buatan pihak ketiga.

Tool evasi0n7 bisa digunakan di komputer berbasis Windows, Mac OS X, atau Linux. Perangkat iOS yang akan "dibobol" dihubungkan ke komputer melalui kabel USB. Prosesnya hanya memakan waktu 5 menit.

Meski begitu, pembuatnya mengimbau pengguna agar berhati-hati menggunakan tool yang satu ini karena memiliki masalah kompatibilitas dengan Cydia, toko aplikasi populer yang menyediakan konten untuk perangkat hasil jailbreak.

"Mohon backup terlebih dahulu sebelum memasang tweak dari Cydia karena perangkat Anda bisa hang di proses booting," bunyi imbauan dari evad3rs tersebut.  

Kelompok ini juga menuai kritik dari komunitas jailbreak karena memaketkan toko aplikasi China bernama Taig bersama tool buatannya. Pasalnya, Taig menyediakan sejumlah besar aplikasi ilegal, sementara evad3rs mengklaim diri "anti bajakan".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Evad3rs meminta maaf terkait hal tersebut dan untuk sementara ini telah berhenti memaketkan Taig dalam aplikasinya.

Men-jailbreak perangkat iOS sendiri bukanlah tindakan ilegal, tapi Apple mengingatkan bahwa praktik tersebut akan menghilangkan garansi perangkat yang bersangkutan.

"Jailbreak menghilangkan lapisan sekuriti yang didesain untuk melindungi perangkat dan informasi pribadi Anda. Dengan hilangnya unsur keamanan ini, hacker bisa mencuri informasi pribadi Anda, merusak perangkat, menyerang jaringan, atau menyalurkan malware, spyware, dan virus," tulis Apple dalam pernyataannya terkait soal jailbreak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.