Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbaiki Peta, Apple Caplok Dua Perusahaan

Kompas.com - 27/12/2013, 10:34 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber TechRadar
Ketika diminta menunjukkan jalan ke bandara Fairbanks, Alaska, Apple Maps malah menandu pengemudi melintasi landas pacu. Sebaliknya, Google Maps (kanan) memberikan petunjuk yang benar dan mengarahkan pengguna ke tempat parkir kendaraan.

KOMPAS.com - Aplikasi peta Apple Maps terkenal banyak masalah, mulai dari salah penempatan lokasi hingga menyesatkan pengguna yang mengikuti petunjuk arah dari aplikasi tersebut.

Nah, menurut laporan yang dilansir oleh TechRadar, tahun ini Apple disinyalir telah membeli dua perusahaan dalam rangka meningkatkan kualitas aplikasi yang bersangkutan. Dua perusahaan tersebut adalah BroadMap dan Catch.

BroadMap adalah perusahaan pemetaan, sementara Catch adalah penyedia layanan note-taking berbasis lokasi serupa Evernote.

Akuisisi Apple atas BroadMap kabarnya dilakukan pada paruh pertama 2013. Apple menolak berkomentar mengenai hal ini, namun sejumlah pegawai BroadMap telah menuliskan "Apple" sebagai nama perusahaan tempat mereka bekerja sekarang.

Ada kemungkinan bahwa Apple membeli BroadMap untuk mendapatkan sumber daya manusia di perusahaan itu, juga basis data BroadMap yang berisi informasi geografis.

Hubungan antara Apple dengan Catch tak terlalu jelas. Perusahaan ini pernah membuat aplikasi Android bernama "Compass" yang memungkinkan pengguna menambah catatan tentang sebuah tempat berdasarkan informasi lokasi.

Catch ditutup pada Agustus lalu setelah para eksekutifnya mengatakan bakal mengambil "arah berbeda" untuk perusahaan. Namun, nama Catch dipromosikan dengan gencar di Apple App Store, situs web Apple, dan acara-acara Apple.

Sejumlah sumber mengatakan bahwa sebagian pegawai Catch, termasuk pendirinya, kini terlibat dalam pengembangan aplikasi iOS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechRadar
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com