Kompas.com - 27/12/2013, 15:01 WIB
Apple iPhone 5S dan iPhone 5C AppleApple iPhone 5S dan iPhone 5C
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Komisi pengawas persaingan usaha (FTC-Fair Trade Commission) Taiwan mendenda produsen smartphone, Apple karena terbukti ikut campur menentukan harga jual iPhone di Taiwan. Hal tersebut tergolong ilegal di Taiwan, karena itu Apple didenda 20 juta dollar New Taiwan, atau sekitar 670.000 dollar AS.

Menurut FTC, Apple telah berkoordinasi dengan tiga penyedia layanan seluler di Taiwan dalam menentukan harga jual iPhone.

Ketiga perusahaan telekomunikasi tersebut adalah Chunghwa Telecom Co., Far Eastone Telecommunication Co., dan Taiwan Mobile Co.

Apple diperkenankan memberikan sanggahan kepada FTC. Namun, jika sanggahan tersebut tidak terbukti benar, maka denda yang akan dikenakan menjadi dua kali lipat.

"Dalam e-mail korespondensi antara Apple dan ketiga perusahaan telekomunikasi tersebut, kami menemukan fakta bahwa perusahaan tersebut mengajukan harga jual masing-masing untuk disetujui Apple sebelum dipasarkan," demikian pernyataan yang ditulis FTC Taiwan seperti dikutip dari The Wall Street Journal, Rabu(25/12/2013).

Apple tidak berhak ikut campur menentukan harga jual, karena telah menjual hak distribusinya. Ketiga operator boleh menyalurkan atau menjual iPhone sesuai keinginan mereka sendiri setelah membayar hak tersebut ke Apple.

Denda tersebut hanya berlaku bagi produk iPhone saja. Hingga kini, FTC belum melihat indikasi yang sama untuk produk Apple lain, seperti tablet iPad.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.