Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Disiapkan Tak Cuma Jadi Mesin Pencari

Kompas.com - 27/12/2013, 16:33 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Layanan pencarian informasi Google telah berhasil dan berkembang dengan pesat. Google bahkan berhasil membuat kosa kata baru "Googling" yang merujuk pada aktivitas pencarian dengan situs Google. Tak hanya sampai di situ saja, Google memiliki rencana lebih di masa depan.

Google Search tak lagi hanya menampilkan daftar nama situs beserta alamatnya yang berwarna biru, seperti lebih dari 15 tahun yang lalu. Google Search kini juga menampilkan beragam informasi yang sedang dicari penggunanya.

Di sebuah kesempatan konferensi teknologi di Paris, Google Engineering Director, Scott Huffman mengatakan bahwa ke depan mesin pencari Google akan dibuat lebih pintar lagi.

Menurut Huffman, Google Search yang baru bakal seperti layaknya asisten pribadi yang menampilkan informasi apa saja yang kita perlukan. Bahkan tanpa diminta, informasi ini langsung ditampilkan oleh Google. Gambaran mesin pencari Google masa depan ini bisa dilihat dari fitur Google Now yang terdapat di perangkat Android.

Membuat asisten pribadi yang bisa diandalkan menjadi tujuan Google yang baru. Seperti dikutip dari Techcrunch, Jumat (27/12/2013), mesin pencari generasi mendatang bisa menyelesaikan semua kebutuhan pengguna sembari di jalan secara cepat dan mudah.

Hal itu bisa diartikan bahwa ke depannya pengguna bakal berinteraksi dengan Google melalui perangkat yang bahkan tidak memiliki layar, seperti di dalam mobil dan ruang keluarga. Perintah suara juga bakal diintegrasikan dengan perangkat-perangkat, seperti mikrofon dan speaker.

Interaksi dengan Google di masa mendatang akan lebih seperti percakapan dua arah. Berkat Knowledge Graph, Google kini bisa memahami perilaku penggunanya dan mengenali suara dalam percakapan yang masih terbatas.

Dengan demikian, Google Search di masa mendatang akan lebih seperti bagaimana peran pengembang pihak ketiga memasukkan informasi ke dalam Knowledge Graph, bukan mengakali algoritma Google agar situs web-nya ada di peringkat atas.


Contoh halaman Google Now
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com