Google Disiapkan Tak Cuma Jadi Mesin Pencari

Kompas.com - 27/12/2013, 16:33 WIB
Google doodle tanggal 17 Agustus 2013 untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-68 GoogleGoogle doodle tanggal 17 Agustus 2013 untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-68
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Layanan pencarian informasi Google telah berhasil dan berkembang dengan pesat. Google bahkan berhasil membuat kosa kata baru "Googling" yang merujuk pada aktivitas pencarian dengan situs Google. Tak hanya sampai di situ saja, Google memiliki rencana lebih di masa depan.

Google Search tak lagi hanya menampilkan daftar nama situs beserta alamatnya yang berwarna biru, seperti lebih dari 15 tahun yang lalu. Google Search kini juga menampilkan beragam informasi yang sedang dicari penggunanya.

Di sebuah kesempatan konferensi teknologi di Paris, Google Engineering Director, Scott Huffman mengatakan bahwa ke depan mesin pencari Google akan dibuat lebih pintar lagi.

Menurut Huffman, Google Search yang baru bakal seperti layaknya asisten pribadi yang menampilkan informasi apa saja yang kita perlukan. Bahkan tanpa diminta, informasi ini langsung ditampilkan oleh Google. Gambaran mesin pencari Google masa depan ini bisa dilihat dari fitur Google Now yang terdapat di perangkat Android.

Membuat asisten pribadi yang bisa diandalkan menjadi tujuan Google yang baru. Seperti dikutip dari Techcrunch, Jumat (27/12/2013), mesin pencari generasi mendatang bisa menyelesaikan semua kebutuhan pengguna sembari di jalan secara cepat dan mudah.

Hal itu bisa diartikan bahwa ke depannya pengguna bakal berinteraksi dengan Google melalui perangkat yang bahkan tidak memiliki layar, seperti di dalam mobil dan ruang keluarga. Perintah suara juga bakal diintegrasikan dengan perangkat-perangkat, seperti mikrofon dan speaker.

Interaksi dengan Google di masa mendatang akan lebih seperti percakapan dua arah. Berkat Knowledge Graph, Google kini bisa memahami perilaku penggunanya dan mengenali suara dalam percakapan yang masih terbatas.

Dengan demikian, Google Search di masa mendatang akan lebih seperti bagaimana peran pengembang pihak ketiga memasukkan informasi ke dalam Knowledge Graph, bukan mengakali algoritma Google agar situs web-nya ada di peringkat atas.


Contoh halaman Google Now



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X