2014, Kamera "Mirrorless" Bakal Makin Populer

Kompas.com - 28/12/2013, 09:38 WIB
Bagian atas dan belakang duet kamera mirrorless baru Sony SonyBagian atas dan belakang duet kamera mirrorless baru Sony
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Dunia kamera digital mengalami kelesuan dalam beberapa tahun belakang, utamanya segmen non-profesional. Makin canggihnya fitur kamera dalam smartphone diduga sebagai penyebabnya.

Walau berbagai inovasi dan fitur ditanamkan dalam kamera digital, vendor belum bisa menarik minat besar konsumen.

Namun, sikap optimis ditunjukkan oleh Olympus, produsen kamera dari Jepang ini mengatakan bahwa kamera mirrorless akan menuai kepopuleran tahun depan. Olympus memprediksi penjualan kamera tanpa kotak cermin ini akan meningkat. Hal tersebut disampaikan oleh CEO Olympus, Hiroyuki Sasa kepada Bloomberg.

Menurut Sasa, kamera mirrorless Olympus akan meningkat penjualannya hingga 1 juta unit pada April 2014 nanti. Market share-nya sendiri diprediksi mencapai lima persen di seluruh dunia. Jika Olympus mampu mencapai target tersebut, diperkirakan perusahaan akan menangguk untung hingga 68 juta dollar AS.

Bisnis Olympus kini memang menyasar pasar kamera mirrorless premium. Di segmen tersebut, Olympus memiliki lini kamera OM-D E-M1 dan PEN E-P5, serta model lain yang lebih murah. Masih ada pasar bagi segmen mirrorless di segmen premium, yang diharapkan Olympus bisa bersaing dengan Canon dan Nikon.

"Kamera mirrorless kini memiliki kemampuan yang sama dengan kamera DSLR biasa," ujar Sasa.

Dengan pernyataan yang dilontarkan Sasa, mengindikasikan bahwa Olympus masih serius menggarap pasar kamera digital mirrorless. Bisnis kamera sendiri menyumbang untung 14 persen untuk Olympus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain Olympus, produsen kamera digital mirrorless lain adalah Fuji Film, Panasonic, Sony, dan  Canon.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.