Paten Apple Terbaru, "Anti-sentuh" dan Cek Jantung

Kompas.com - 29/12/2013, 09:49 WIB
Paten layar Apple InsiderPaten layar "hover" Apple
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Paten demi paten didaftarkan Apple. Apple kembali mendapatkan hak paten dua teknologi yang akan digunakan dengan perangkat iOS, seperti iPhone dan iPad. Keduanya adalah panel "touch and hover" dan pemantau detak jantung.

Dikabarkan oleh Apple Insider, Selasa (24/12/2013), Apple mematenkan teknologi "Touch and hover signal drift compensation," yang merupakan sistem layar sentuh yang bisa menentukan secara akurat sentuhan jari, baik yang menempel dan mengambang di atas layar.

Banyak perangkat Apple yang menggunakan teknologi layar sentuh, seperti smartphone dan tablet, namun dengan kontrol "hover" ini, pengguna bisa menavigasi antarmuka perangkat tanpa harus menyentuhnya.

Sensor khusus yang ditanamkan bisa mengenali objek yang berada di jarak tertentu dengan permukaan layar, bisa jari atau stylus. Begitu dikenali, sistem akan memprosesnya selayaknya tombol layar sentuh.

Sebagai contoh, jika kita menaruh jari di atas ikon suatu aplikasi di iPhone, maka aplikasi tersebut akan terbuka dengan sendirinya.

Deteksi detak jantung

Paten kedua yang didapat Apple adalah teknologi untuk memonitor detak jantung. Paten ini menggunakan sensor yang membaca data EKG yang bisa digunakan untuk mengindikasikan mood pengguna.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Teknologi ini mengukur sinyal detak jantung melalui sensor logam konduktif yang dipasang dalam suatu perangkat. Sensor ini bisa disembunyikan atau menempel.

Paten Apple ini menjadi bukti bahwa Apple sedang aktif melakukan penelitian solusi keamanan biometrik yang mengandalkan bagian tubuh pengguna, alih-alih memanfaatkan kode untuk dihafal, seperti sistem pembaca sidik jari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.