Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paten Apple Terbaru, "Anti-sentuh" dan Cek Jantung

Kompas.com - 29/12/2013, 09:49 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Paten demi paten didaftarkan Apple. Apple kembali mendapatkan hak paten dua teknologi yang akan digunakan dengan perangkat iOS, seperti iPhone dan iPad. Keduanya adalah panel "touch and hover" dan pemantau detak jantung.

Dikabarkan oleh Apple Insider, Selasa (24/12/2013), Apple mematenkan teknologi "Touch and hover signal drift compensation," yang merupakan sistem layar sentuh yang bisa menentukan secara akurat sentuhan jari, baik yang menempel dan mengambang di atas layar.

Banyak perangkat Apple yang menggunakan teknologi layar sentuh, seperti smartphone dan tablet, namun dengan kontrol "hover" ini, pengguna bisa menavigasi antarmuka perangkat tanpa harus menyentuhnya.

Sensor khusus yang ditanamkan bisa mengenali objek yang berada di jarak tertentu dengan permukaan layar, bisa jari atau stylus. Begitu dikenali, sistem akan memprosesnya selayaknya tombol layar sentuh.

Sebagai contoh, jika kita menaruh jari di atas ikon suatu aplikasi di iPhone, maka aplikasi tersebut akan terbuka dengan sendirinya.

Deteksi detak jantung

Paten kedua yang didapat Apple adalah teknologi untuk memonitor detak jantung. Paten ini menggunakan sensor yang membaca data EKG yang bisa digunakan untuk mengindikasikan mood pengguna.

Teknologi ini mengukur sinyal detak jantung melalui sensor logam konduktif yang dipasang dalam suatu perangkat. Sensor ini bisa disembunyikan atau menempel.

Paten Apple ini menjadi bukti bahwa Apple sedang aktif melakukan penelitian solusi keamanan biometrik yang mengandalkan bagian tubuh pengguna, alih-alih memanfaatkan kode untuk dihafal, seperti sistem pembaca sidik jari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com