Kompas.com - 29/12/2013, 14:03 WIB
Pulau Allan King5.comPulau Allan
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Setelah 9 tahun, Paul Allen, salah satu pendiri Microsoft, akhirnya berhasil menjual pulau pribadi miliknya, Allan. Pulau seluas 118 hektar tersebut berhasil dijual dengan harga 8 juta dollar AS atau sekitar Rp 98,2 miliar.

Harga tersebut sebenarnya cukup murah karena sudah mengalami penurunan cukup signifikan. Pulau ini mulai didaftarkan untuk dijual pada tahun 2005 silam. Harga awal yang diminta oleh Allen adalah sebesar 25 juta dollar AS.

Terakhir kali, Allen memasang label harga sebesar 13,5 juta dollar AS pada tahun 2011, sebelum akhirnya setuju untuk melepas pulau Allan dengan harga 8 juta dollar AS.

Allen diketahui cukup ketat dalam memilih pembeli dari pulau yang terletak di bagian barat laut Washington tersebut. Ia ingin pemilik baru ini untuk tetap menjaga lingkungan alam pulau tersebut.

"Sangat penting bagi pihak penjual (Paul Allen) untuk mengetahui apa yang akan direncanakan oleh pihak pembeli kepada pulau tersebut," kata agensi penjual pulai, Wally Gudgell of Windmere Real Estate, seperti dilansir Reuters, Jumat (27/12/2013).

Pihak pembeli, yang hingga saat ini masih dirahasiakan namanya, dikatakan hanya akan membangun 8 bangunan rumah sebagai tempat peristirahatan di pulau Allan ini.

Allen sendiri membeli pulau Allan ini pada tahun 1992 silam. Nama pulau tersebut, Allan, diambil dari pahlawan angkatan laut Amerika Serikat, bukan pemilik pulau sebelumnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pulau Allan sudah diisi dengan satu kabin kayu, sebuah landasan kecil, dan jalan setapak. Tidak diketahui, apakah pemilik baru tersebut akan menghancurkan kabin kayu tersebut atau tidak.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.