Kompas.com - 30/12/2013, 15:53 WIB
Ilustrasi PC WorldIlustrasi
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Ilustrasi

KOMPAS.com - Raksasa chip Intel disebutkan bakal merilis chip 8-core untuk desktop pada kuartal III 2014. Hal itu diungkap oleh laporan DigiTimes yang dikutip oleh Tom's Hardware.

Prosesor tersebut berasal dari keluarga chip high-end Haswell-E, penerus dari famili Ivy Bridge-E yang baru diperkenalkan awal September 2013. Banderol harganya diperkirakan mencapai kisaran 1.000 dollar AS atau lebih dari Rp 12 juta.

Saat ini, prosesor desktop terkencang dari Intel adalah Core i7-4960X yang memiliki enam buah inti prosesor (12 thread), dengan kecepatan turbo hingga 4 GHz dan dukungan memori DDR3-1866 quad-channel.

Disebutkan pula bahwa Prosesor Haswell-E akan dipasangkan dengan chipset motherboard baru bernama X99. Chipset ini mendukung port SATA 3 hingga 10 buah dan memiliki native support USB 3.0.

Haswell-E sendiri akan diproduksi dengan teknologi fabrikasi 22 nanometer serta mendukung PCI-Express 3.0, Turbo Boost 2.0, dan memori DDR4 hingga 2133 MHz. Nantinya prosesor ini akan terbagi dalam dua seri, yaitu seri "X" dan seri "K".

Haswell-E disinyalir akan diperkenalkan pada pameran Computex 2014 di Taiwan, Juni 2014. Pengkapalannya diperkirakan akan dimulai pada bulan Mei tahun yang sama.

Di samping itu, produk lain yang juga akan diperkenalkan adalah chipset Z97 dan H97, masing-masing akan dirilis pada Maret dan April 2014.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.