Kompas.com - 31/12/2013, 10:35 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Dow Jones

KOMPAS.com — Sepanjang 2013, Apple banyak menarik perhatian lewat rilis produk-produk baru seperti iPhone 5S dan iPad Air. Namun ternyata, perusahaan yang paling banyak "diperbincangkan" tahun ini bukan Apple, melainkan Google.

Hal tersebut diungkapkan oleh infografis bikinan Dow Jones yang dilansir oleh Sydney Morning Herald. Menurut keterangan dari data itu, nama Google disebut sebanyak 123.769 kali oleh media di seluruh dunia pada 2013. Apple menyusul di urutan kedua dengan angka 120.451 kali.

Microsoft yang disebut lebih dari 84.000 kali muncul di urutan ketiga. Setelah itu, barulah terdapat nama sejumlah perusahaan dari industri lain, semacam Citigroup dan Boeing.

Perbincangan mengenai Google di media mencapai puncaknya pada Mei 2013, saat raksasa internet itu menggelar konferensi Google I/O. Sementara itu, Apple paling banyak dibicarakan pada September ketika merilis iPhone 5S dan 5C, serta iOS7.

Adapun Microsoft paling banyak mencuri perhatian pada bulan Juni, waktu Windows 8.1 muncul ke permukaan.

Perlu ditambahkan bahwa data Dow Jones yang diperoleh dari DJX Factiva ini hanya melacak dan membuat arsip dari isi publikasi cetak berbahasa Inggris dari seluruh dunia. Media televisi dan internet tidak masuk dalam hitungan. Data dikumpulkan dari 1 Januari 2013 hingga 1 Desember 2013.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.