LG Akan Pakai webOS di Televisi Pintar

Kompas.com - 31/12/2013, 14:44 WIB
Smart TV LG Smart TV LG
|
EditorAditya Panji

KOMPAS.com — Televisi pintar atau smart TV saat ini menggunakan sistem operasi berbasis Linux. Produsen smart TV melakukan penyesuaian agar sistem operasi tersebut sesuai dengan fitur yang ingin dijual.

Sayangnya, sistem operasi dalam smart TV dinilai belum maksimal. Tak jarang pengguna menemui kendala seperti antarmuka yang lambat, aplikasi yang tidak bisa dijalankan, serta kendala hardware lain.

Karena itu, demi membuat sistem operasi yang bisa diandalkan dan memberikan pengalaman smart TV yang lebih responsif, LG berencana membawa sistem operasi yang dulunya sukses di platform mobile ke dalam jajaran smart TV-nya. Sistem operasi itu adalah webOS.

Beberapa waktu lalu, LG membeli sistem operasi mobile webOS dari Hewlett-Packard (HP). Sistem operasi tersebut pada mulanya dikembangkan oleh Palm Inc untuk bersaing dengan ponsel pintar iPhone buatan Apple. HP kemudian mengakuisisi Palm pada 2010 dan menggunakan sistem operasi itu dalam komputer tablet dan ponsel pintar buatan mereka.

Walau sistem operasi tersebut gagal di pasar mobile, hal tersebut tidak menyurutkan LG untuk menggunakan webOS dalam smart TV-nya. Pada Februari 2013, LG membeli sistem operasi tersebut karena merasa membutuhkan sistem operasi tersebut.

Dikutip dari The Wall Street Journal, LG dikabarkan bakal memamerkan televisi yang terhubung dengan internet, dengan webOS sebagai sistem operasinya, di ajang Consumer Electronics Show pada Januari 2014 di Las Vegas, Amerika Serikat.

Sumber The Wall Street Journal merinci bahwa sistem operasi tersebut akan mempertahankan sistem antarmuka "kartu" khas webOS. Antarmuka tersebut mirip dengan tumpukan pop-up yang memungkinkan pengguna menavigasi beragam aplikasi yang tadinya digunakan dalam perangkat webOS buatan HP.

Belum jelas kapan TV dengan sistem operasi webOS ini bakal dipasarkan. Namun, tidak menutup kemungkinan, LG juga menanamkannya di produk elektronik konsumer lainnya.

Selama ini, di pasar perangkat mobile, Google berjaya dengan sistem operasi Android. Di pasar smart TV, nama ini belum jelas. Rival LG yang juga berasal dari Korea, Samsung, sedang mengembangkan sistem operasi Tizen. Proyek hasil kerja sama dengan Intel tersebut juga diprediksi bakal dipakai di smart TV Samsung.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X