Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia Kuasai 92 Persen Pasar Windows Phone

Kompas.com - 01/01/2014, 10:24 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Di penghujung tahun 2013, Nokia makin kokoh di pasar smartphone Windows Phone dengan raihan pangsa pasar 92 persen.

Di bawah Nokia masih ada HTC dengan pangsa pasar 5,2 persen. Samsung berada di tempat ketiga dengan raihan 1,6 persen diikuti oleh Huawei dengan 1,1 persen pangsa pasar.

Di balik prestasi tersebut, terdapat fakta yang mengejutkan. Dari 92 persen perangkat Windows Phone yang beredar di pasar, yang menjadi penyumbang terbesar berasal dari perangkat low-end. Sementara hanya segelintir perangkat high-end berada di luar daftar sepuluh besar.

Data yang dirilis adDuplex tersebut, seperti dikutip dari situs Winsupersite, menunjukkan bahwa Nokia Lumia 520 menjadi perangkat Windows Phone paling laris, menyumbang 30 persen dari total raihan pangsa pasar.

adDuplex Windows Phone usage 2013

Bulan lalu saja adDuplex memaparkan data bahwa Lumia 520 mendominasi perangkat Windows Phone 8 sebanyak 35,3 persen di seluruh dunia. Angka tersebut berarti satu dari tiga pengguna Windows Phone 8 memakai perangkat Lumia 520.

Sementara di antara perangkat Windows Phone 8 lainnya, Nokia Lumia 520 digunakan oleh lebih dari 39 persen pengguna. Sementara jika Lumia 520, 521, dan 620 digabungkan, maka total penggunanya mencapai 53,8 persen di seluruh dunia, hampir 60 persen.

Secara global, hanya dua perangkat high-end yang berada di daftar 10 besar perangkat Windows Phone 8 terlaris, yaitu Lumia 920 dan 925. Sisanya adalah perangkat low-end.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com