Nokia Kuasai 92 Persen Pasar Windows Phone

Kompas.com - 01/01/2014, 10:24 WIB
Nokia Lumia 520. Nokia Lumia 520.
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Di penghujung tahun 2013, Nokia makin kokoh di pasar smartphone Windows Phone dengan raihan pangsa pasar 92 persen.

Di bawah Nokia masih ada HTC dengan pangsa pasar 5,2 persen. Samsung berada di tempat ketiga dengan raihan 1,6 persen diikuti oleh Huawei dengan 1,1 persen pangsa pasar.

Di balik prestasi tersebut, terdapat fakta yang mengejutkan. Dari 92 persen perangkat Windows Phone yang beredar di pasar, yang menjadi penyumbang terbesar berasal dari perangkat low-end. Sementara hanya segelintir perangkat high-end berada di luar daftar sepuluh besar.

Data yang dirilis adDuplex tersebut, seperti dikutip dari situs Winsupersite, menunjukkan bahwa Nokia Lumia 520 menjadi perangkat Windows Phone paling laris, menyumbang 30 persen dari total raihan pangsa pasar.

adDuplex Windows Phone usage 2013

Bulan lalu saja adDuplex memaparkan data bahwa Lumia 520 mendominasi perangkat Windows Phone 8 sebanyak 35,3 persen di seluruh dunia. Angka tersebut berarti satu dari tiga pengguna Windows Phone 8 memakai perangkat Lumia 520.

Sementara di antara perangkat Windows Phone 8 lainnya, Nokia Lumia 520 digunakan oleh lebih dari 39 persen pengguna. Sementara jika Lumia 520, 521, dan 620 digabungkan, maka total penggunanya mencapai 53,8 persen di seluruh dunia, hampir 60 persen.

Secara global, hanya dua perangkat high-end yang berada di daftar 10 besar perangkat Windows Phone 8 terlaris, yaitu Lumia 920 dan 925. Sisanya adalah perangkat low-end.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.