Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komputer Mac Bisa Mainkan Game "Jadul"

Kompas.com - 01/01/2014, 13:28 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com — Ada kalanya kita ingin mengenang kembali masa lalu. Masa ketika video game masih dimainkan dalam format 8 bit. Beruntung, kini telah tersedia emulator bagi siapa saja yang ingin memainkan game lawas tersebut.

Namun masalahnya, banyak emulator yang susah digunakan, membutuhkan banyak persyaratan dan antarmuka yang membingungkan. Satu emulator juga kadang tidak bisa digunakan untuk memainkan bermacam game.

OpenEmu adalah salah satu emulator yang baru diperkenalkan di akhir tahun ini. Emulator tersebut dibuat untuk platform Mac OS. Dengan OpenEmu, semua masalah klasik emulator tadi seolah hilang.

OpenEmu memiliki antarmuka yang gampang digunakan. Pengguna tinggal melakukan drag-and-drop dua belas video game klasik ke dalam sistem, menavigasi dengan cover art menarik, dan memainkannya dengan beragam jenis alat pengontrol.

Pengguna bisa menghubungkan MacBook mereka dengan Wii Remote atau DualShock 3 melalui Bluetooth, atau alat pengontrol PlayStation 4 melalui kabel micro USB.

Seperti dikutip dari The Verge, emulator OpenEmu mendukung beragam konsol game klasik, termasuk NES, SNES, Genesis, Sega 32X, Sega Master System, serta TurboGrafx-16.

Game portabel juga didukung, seperti GameBoy, GameBoy Advance, Nintendo DS, Game Gear, NeoGeo Pocket, dan bahkan Virtual Boy juga bisa dimainkan.

OpenEmu mengatakan, mungkin suatu saat nanti pihaknya akan menambahkan dukungan game milik konsol PlayStation, Nintendo 64, Atari 2600, dan bahkan PSP juga dimungkinkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com