Kompas.com - 01/01/2014, 13:28 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Ada kalanya kita ingin mengenang kembali masa lalu. Masa ketika video game masih dimainkan dalam format 8 bit. Beruntung, kini telah tersedia emulator bagi siapa saja yang ingin memainkan game lawas tersebut.

Namun masalahnya, banyak emulator yang susah digunakan, membutuhkan banyak persyaratan dan antarmuka yang membingungkan. Satu emulator juga kadang tidak bisa digunakan untuk memainkan bermacam game.

OpenEmu adalah salah satu emulator yang baru diperkenalkan di akhir tahun ini. Emulator tersebut dibuat untuk platform Mac OS. Dengan OpenEmu, semua masalah klasik emulator tadi seolah hilang.

OpenEmu memiliki antarmuka yang gampang digunakan. Pengguna tinggal melakukan drag-and-drop dua belas video game klasik ke dalam sistem, menavigasi dengan cover art menarik, dan memainkannya dengan beragam jenis alat pengontrol.

Pengguna bisa menghubungkan MacBook mereka dengan Wii Remote atau DualShock 3 melalui Bluetooth, atau alat pengontrol PlayStation 4 melalui kabel micro USB.

Seperti dikutip dari The Verge, emulator OpenEmu mendukung beragam konsol game klasik, termasuk NES, SNES, Genesis, Sega 32X, Sega Master System, serta TurboGrafx-16.

Game portabel juga didukung, seperti GameBoy, GameBoy Advance, Nintendo DS, Game Gear, NeoGeo Pocket, dan bahkan Virtual Boy juga bisa dimainkan.

OpenEmu mengatakan, mungkin suatu saat nanti pihaknya akan menambahkan dukungan game milik konsol PlayStation, Nintendo 64, Atari 2600, dan bahkan PSP juga dimungkinkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.