Kompas.com - 02/01/2014, 13:09 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Komputer Mac Pro memang dibuat Apple untuk pekerja profesional yang membutuhkan perangkat komputasi penuh tenaga untuk mengerjakan tugas-tugas berat, seperti pemrosesan grafis digital dan edit video.

Namun, pengujian terbaru yang dilakukan oleh situs teknologi AnandTech menunjukkan bahwa Mac Pro masih pincang dalam menampilkan resolusi tinggi UHD 4K (4x HD).

AnandTech menghubungkan Mac Pro dengan perangkat display 4K ukuran 32 inci. Bukannya menampilkan resolusi UHD native 3840 x 2160, Mac Pro malah meng-upscale resolusi 2560 x 1440.

Hasilnya bisa ditebak, gambar yang ditampilkan di layar UHD tampak sedikit buram. Elemen-elemen antarmuka Mac Pro, seperti teks dan ikon, jadi terlihat terdistorsi dan susah untuk dibaca.

Dikutip dari Digital Trends, Kamis (2/1/2014), hal yang sama juga terjadi saat Mac Pro dihubungkan dengan monitor ukuran 24 inci resolusi 4K.

Hal tersebut mendatangkan kekecewaan bagi fans Apple karena sebelumnya perusahaan berhasil membuat standar baru tampilan layar dengan memperkenalkan teknologi Retina Display.

Teknologi tersebut salah satunya ditanamkan di laptop Macbook Pro. Sayangnya, teknik tersebut tidak digunakan Apple dalam Mac Pro saat dihubungkan dengan layar resolusi 4K, yang kini mulai diadopsi oleh para profesional di bidang grafis dan film.

Dalam kesimpulannya, reviewer AnandTech menggarisbawahi bahwa kendala tersebut terletak pada software, bukan hardware, dan Apple diharapkan bakal melakukan perbaikan pada masa mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.