Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diuji, Komputer Mac Pro Ternyata "Gagap" 4K

Kompas.com - 02/01/2014, 13:09 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Komputer Mac Pro memang dibuat Apple untuk pekerja profesional yang membutuhkan perangkat komputasi penuh tenaga untuk mengerjakan tugas-tugas berat, seperti pemrosesan grafis digital dan edit video.

Namun, pengujian terbaru yang dilakukan oleh situs teknologi AnandTech menunjukkan bahwa Mac Pro masih pincang dalam menampilkan resolusi tinggi UHD 4K (4x HD).

AnandTech menghubungkan Mac Pro dengan perangkat display 4K ukuran 32 inci. Bukannya menampilkan resolusi UHD native 3840 x 2160, Mac Pro malah meng-upscale resolusi 2560 x 1440.

Hasilnya bisa ditebak, gambar yang ditampilkan di layar UHD tampak sedikit buram. Elemen-elemen antarmuka Mac Pro, seperti teks dan ikon, jadi terlihat terdistorsi dan susah untuk dibaca.

Dikutip dari Digital Trends, Kamis (2/1/2014), hal yang sama juga terjadi saat Mac Pro dihubungkan dengan monitor ukuran 24 inci resolusi 4K.

Hal tersebut mendatangkan kekecewaan bagi fans Apple karena sebelumnya perusahaan berhasil membuat standar baru tampilan layar dengan memperkenalkan teknologi Retina Display.

Teknologi tersebut salah satunya ditanamkan di laptop Macbook Pro. Sayangnya, teknik tersebut tidak digunakan Apple dalam Mac Pro saat dihubungkan dengan layar resolusi 4K, yang kini mulai diadopsi oleh para profesional di bidang grafis dan film.

Dalam kesimpulannya, reviewer AnandTech menggarisbawahi bahwa kendala tersebut terletak pada software, bukan hardware, dan Apple diharapkan bakal melakukan perbaikan pada masa mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com