Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Data Jutaan Pengguna Snapchat Diretas

Kompas.com - 02/01/2014, 14:50 WIB
KOMPAS.com — Nama dan nomor telepon milik 4,6 juta pengguna Snapchat dicuri oleh peretas yang kemudian memublikasikannya di internet.

Sebuah situs bernama SnapchatDB merilis data tersebut, tetapi menyensor dua angka terakhir nomor telepon.

Data itu telah dihapus dari situs tersebut. Namun, versi tersembunyi (cached) masih tersedia.

Pencurian data itu terjadi beberapa hari setelah sebuah perusahaan Australia, Gibson Security, memperingatkan adanya kelemahan di aplikasi Snapchat yang bisa dieksploitasi oleh peretas.

Cacat teknologi

Pencuri yang memublikasikan data itu mengatakan, mereka memang memanfaatkan cacat teknologi yang ditunjukkan oleh Gibson Security.

"Kami menggunakan versi termodifikasi dari metode eksploitasi yang disebut oleh eksekutif Gibson," kata pelaku, seperti dikutip blog teknologi Tech Crunch.

Snapchat meraih popularitas sebagai aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk berbagi foto dan merasa aman karena mereka sendiri yang menghapus foto-foto tersebut setelah dilihat.

Ada juga fitur bernama Find Friends yang memungkinkan pengguna mengunggah buku alamat kontak mereka untuk mencari teman yang juga menggunakan layanan serupa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com