Tahun Baru, Nokia Tutup Symbian Selamanya

Kompas.com - 03/01/2014, 09:32 WIB
N9, ponsel Nokia berbasis OS MeeGo yang diperkenalkan pada 2011 NokiaN9, ponsel Nokia berbasis OS MeeGo yang diperkenalkan pada 2011
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Tahun baru 2014 menandai berakhirnya dukungan terhadap dua sistem operasi yang sempat menjadi andalan Nokia di dunia ponsel, yakni Symbian dan MeeGo.

Sebagaimana dilansir oleh ZDNet, pada hari pertama tahun ini, toko aplikasi Symbian dan MeeGo resmi dibekukan sebagai langkah awal penutupan keduanya menyusul alih kepemilikan ke tangan Microsoft, pemilik baru divisi perangkat Nokia.

Symbian Signed Team yang selama ini mendukung pengembang aplikasi platform tersebut menulis pesan perpisahan singkat di Twitter. "Sampai di sini, kami resmi tutup. Terima kasih atas tahun-tahun yang telah lalu!," bunyi pesan tersebut.

Sebelumnya, beberapa minggu setelah mengumumkan rencana pembelian oleh Microsoft, Nokia memberikan waktu tiga bulan bagi komunitas pengembang aplikasi Symbian untuk menyalurkan update terakhir untuk judul-judul aplikasi yang disalurkan melalui Nokia Store.

Aplikasi-aplikasi tersebut masih bisa didistribusikan, tetapi segala macam bug atau kesalahan program—misalnya yang terkait dengan kompatibilitas perangkat—tak akan bisa diperbaiki lebih lanjut melalui Nokia Store.

Sumber-sumber lain di luar Nokia Store dapat dipakai untuk memperbarui aplikasi. Namun, tanpa keberadaan toko aplikasi itu, pengguna tak akan mendapat notifikasi update secara otomatis.

Nokia menyatakan bakal berhenti memproduksi ponsel berbasis Symbian pada pertengahan tahun lalu. Sistem operasi terbuka dari Symbian Ltd, yang sempat berjaya lewat ponsel-ponsel andalan Nokia ini, terakhir dipakaikan pada produk Nokia 808 PureView yang dirilis pada 2012.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Akan halnya MeeGo, sistem operasi berbasis Linux tersebut kini telah bermetamorfosis menjadi Sailfish OS yang dikembangkan oleh Jolla, sebuah perusahaan startup asal Finlandia.

Jolla mengambil alih pengembangan Mer—penerus MeeGo—setelah Linux Foundation meninggalkan sistem operasi itu pada 2011 untuk beralih ke Tizen.



Sumber ZDNet
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X