Review Galaxy Note 3: Performa Juara, Kamera Biasa

Kompas.com - 03/01/2014, 14:51 WIB
Samsung Galaxy Note 3 Oik Yusuf/Kompas.comSamsung Galaxy Note 3
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Lini produk Galaxy Note dari Samsung menargetkan konsumen yang butuh perangkat perpaduan ponsel pintar dan tablet. Keberadaannya menjadi pelopor ponsel layar besar serta pembekalan pena digital untuk keperluan menulis dan menggambar.

Galaxy Note 3 kini berada di posisi teratas hierarki ponsel pintar Samsung, yang mengandalkan spesifikasi tinggi dan menjadi ponsel pertama di dunia yang memakai RAM 3 GB.

Hadir di Indonesia sejak akhir September 2013 dengan harga yang cukup tinggi, yakni Rp 8,8 juta, Galaxy Note 3 dibenamkan fitur dan sensor canggih untuk mendeteksi mata, gerakan kepala, dan tangan manusia. Apakah harganya yang tinggi sebanding dengan fitur-fitur yang ada? Temukan kelebihan dan kekurangan Galaxy Note 3 dalam ulasan berikut ini.

Desain

Desain Galaxy Note 3 mirip dengan Galaxy Note generasi pertama. Samsung meninggalkan desain sudut membulat seperti diusung Galaxy Note 2 pada tahun 2012.

Layarnya berukuran 5,7 inci memakai jenis Super AMOLED beresolusi 1.920 x 1.080 pixel dengan ketajaman 386 pixel per inci (ppi). Seperti layar jenis Super AMOLED pada umumnya, layar Galaxy Note 3 nampak cerah dengan kontras dan saturasi warna tinggi dan warna hitam yang pekat.

Oik Yusuf/Kompas.com
Samsung meminimalkan bezel atau bingkai di kanan dan kiri layar. Sementara di bagian bawah layar terdapat tombol fisik Home yang diapit oleh tombol Menu dan Back. Di sisi kanan ada tombol power, sementara tombol pengatur volume ada di sisi kiri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagian samping yang melingkari Galaxy Note 3 terkesan dibalut oleh materi logam. Tapi tunggu dulu, itu bukanlah logam asli. Sisi samping itu terbuat dari plastik, namun dilapisi warna krom.

Oik Yusuf/Kompas.com
Materi macam ini juga digunakan pada Galaxy S4. Jika ponsel Anda terjatuh, aksen krom pada sisi samping tersebut bisa jadi terkelupas dan materi plastiknya akan terlihat jelas.

Kekecewaan pada materi luar tak berhenti sampai di situ. Panel belakang yang terlihat terbuat dari kulit, sebenarnya bukanlah kulit asli. Sejatinya, itu adalah plastik yang bagian atasnya dibalut oleh kulit imitasi yang sangat tipis. Jahitan benang di sekitar pinggiran panel belakang juga palsu, itu hanyalah hasil cetakan.

Oik Yusuf/Kompas.com
Meski kulit dan aksen jahitan itu imitasi, namun secara kasat mata, perpaduan keduanya berhasil memberi kesan elegan.

USB 3.0

Galaxy Note 3 menjadi ponsel pertama Samsung yang menggunakan koneksi port USB 3.0 untuk mengisi daya baterai ataupun untuk terkoneksi dengan komputer pribadi. Port USB 3.0 itu berada di sisi bawah ponsel. Jadi, ia tidak lagi menggunakan port MicroUSB.

Oik Yusuf/Kompas.com
Pemakaian USB 3.0 membuat transfer data dari Galaxy Note 3 ke komputer pribadi menjadi lebih cepat. Asalkan, komputer pribadi Anda juga sudah menyediakan port USB 3.0.

Tampilan antarmuka

Begitu membuka kunci layar, Anda akan masuk ke tampilan antarmuka TouchWiz. Ini merupakan tampilan Android yang telah dimodifikasi oleh Samsung dan dibenamkan banyak fitur yang tidak ada di ponsel Android lainnya.

Tampilannya penuh dengan warna, suara, dan getaran. Jika tidak nyaman dengan setiap suara atau getaran tersebut, Anda dapat mematikannya di menu Settings dan mendapat manfaat lebih irit baterai.

Di sisi kiri layar, Anda dapat mengakses aplikasi yang menurut Samsung paling sering dipakai. Aplikasi tersebut adalah Google Maps, Chrome, YouTube, Gmai, Contacts, Email, Galeri, Pesan, My Files, SNote, dan sebagainya.

Yang unik dari Galaxy Note 3 adalah, Anda dapat membuka dua aplikasi dalam satu tampilan. Samsung menyebut fitur ini sebagai “Multi Window” untuk mendukung aktivitas multi-tasking. Manfaat besar akan terasa saat menggunakan fitur tersebut, karena Anda bisa membuka browser dan aplikasi SNote sekaligus, atau My Files dan Media Player, atau YouTube dan Gallery, seperti gambar di bawah ini:
Fitur Multi Windows di Galaxy Note 3 dapat membuka dua aplikasi secara bersamaan. Misalnya, aplikasi Browser dan SNote (kiri) atau My Files dan Media Player (kanan).

Fitur Multi Windows di Galaxy Note 3 juga dapat diatur dalam posisi horizontal, seperti gambar di atas yang sedang membuka YouTube dan Gallery
Samsung seperti membawa teknologi multi window dari komputer pribadi ke ponsel pintar. Selain itu, Anda juga dapat mengatur ukuran kedua aplikasi yang sedang dijalankan itu.

Oik Yusuf/Kompas.com

Nilai lebih dari ponsel keluarga Galaxy Note, adalah keberadaan aplikasi SNote. Aplikasi ini berguna untuk Anda yang gemar menggambar, atau mencatat sesuatu dengan pena digital. Beberapa orang lebih suka mencatat sesuatu dengan pena ketimbang harus mengetik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.