BlackBerry Gugat Perusahaan Pembawa Acara American Idol

Kompas.com - 04/01/2014, 10:37 WIB
Ryan Seacrest, pembawa acara American Idol dan pendiri perusahaan rintisan Typo Products LUCAS JACKSON / REUTERS Ryan Seacrest, pembawa acara American Idol dan pendiri perusahaan rintisan Typo Products
Penulis Aditya Panji
|
EditorAditya Panji
KOMPAS.com - BlackBerry mengajukan gugatan hukum terhadap Typo Products karena melanggar paten desain papan ketik fisik (keyboard) milik BlackBerry, Jumat (3/1/2014). Typo Product merupakan perusahaan yang dimiliki Ryan Seacrest, seorang produser radio dan televisi, serta pembawa acara pencarian bakat American Idol.

Typo membuat aksesori pelindung ponsel dengan keyboard fisik untuk perangkat Apple iPhone 5 dan iPhone 5S. Menurut BlackBerry, produk itu melanggar paten dan desain BlackBerry yang digunakan pada ponsel Q10.

“Kami tersanjung oleh keinginan untuk mengintegrasikan keyboard kami ke ponsel pintar lainnya, tapi kami tidak dapat mentolerir kegiatan tersebut tanpa kompensasi yang adil untuk menggunakan kekayaan intelektual kami dan inovasi teknologi kami,” kata Direktur Hukum BlackBerry, Steve Zipperstein kepada Reuters.

Juru bicara Typo Products, Erika Gutierrez mengatakan, pihaknya bakal melawan gugatan hukum BlackBerry.

“Meskipun kami menghormati BlackBerry dan kekayaan intelektualnya, kami percaya bahwa klaim BlackBerry dalam menggugat Typo kurang patut dan kami berniat untuk melawan kasus ini dengan penuh semangat,” ujar Gutierrez, seperti dikutip dari Bloomberg.

Typo Products
Typo Keyboard untuk ponsel Apple iPhone 5 dan iPhone 5s
Saat ini, produk aksesori yang diberi nama Typo Keyboard itu sudah memasuki tahap pemesanan dan dihargai 99 dollar AS. Produk itu dijadwalkan mulai dikirim ke pemesan pada Januari 2014. Rencananya produk Typo juga akan dibuat untuk perangkat lain.

Ryan Seacrest telah berinvestasi hingga 1 juta dollar AS untuk Typo, dan berjanji akan menambah investasinya menjadi 5 juta dollar AS. Butuh dua tahun bagi perusahaan untuk mengembangkan produk aksesori.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam dokumen gugatan kepada pengadilan distrik utara California, Amerika Serikat, BlackBerry meminta agar pengadilan memblokir produk Typo karena telah melanggar paten. BlackBerry juga meminta Typo menarik produk itu dari pasar.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X