Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2014, Intel Lebih Serius Garap Android

Kompas.com - 04/01/2014, 11:30 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Intel akan menggarap segmen Android dengan lebih serius pada tahun 2014. Perusahaan menyadari sistem operasi mobile yang dikembangkan Google tersebut menjadi tiketnya untuk meraih pangsa pasar lebih besar di segmen perangkat mobile.

Untuk itu, Intel telah menyiapkan sejumlah rencana. Dua dari strategi Intel yang telah dibocorkan adalah membuat prosesor 64-bit dan terjun di persaingan komputer tablet dengan menghadirkan banyak produk ke pasar.

"Kami akan membuat cip 64 bit untuk Android, kami akan membuatnya tersedia dari kelas paling rendah seperti Atom, hingga kelas premium di keluarga prosesor Core," ujar Kirk Skaugen, General Manager PC Client Group Intel, seperti dikutip dari CNet Rabu (1/1/2014).

Cip 64-bit untuk mobile pertama kali diperkenalkan oleh Apple melalui prosesor A7 yang digunakan iPhone 5s. Setelah itu, banyak produsen yang tertarik membuat prosesor 64-bit, seperti Samsung dan Qualcomm.

Selain itu, Intel juga menyiapkan produk tablet dengan harga jual rendah agar lebih kompetitif. Pada Minggu (30/12/2013), situs Digitimes menampilkan daftar spesifikasi tablet Android yang di dalamnya menggunakan prosesor "Bay-Trail" yang berbasis Atom.

Tablet tersebut dibanderol dengan harga 99-129 dollar AS untuk tablet ukuran layar 7 inci, kemudian di rentang harga 149-199 dollar AS untuk ukuran layar 7 hingga 8 inci, dan tablet 10 incinya di kisaran 250 dollar AS.

Strategi lain yang disiapkan Intel adalah membuat perangkat yang menyerupai komputer pribadi, tetapi dengan sistem operasi Android. Kemungkinan Intel akan membuat komputer dengan layar yang besar dan ditujukan untuk pasar korporasi.

"Sederhananya, strategi kami adalah membuat produk yang diinginkan oleh pasar," terang Skaugen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com