Kompas.com - 04/01/2014, 13:53 WIB
|
EditorAditya Panji

KOMPAS.com - YouTube siap menyambut era video high definition 4K. Situs berbagi video tersebut berencana memperkenalkan video stream ukuran 4K di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2014 di Las Vegas, AS, pekan depan.

Saat ini, kualitas video tertinggi yang ada di YouTube adalah 1080p (Full HD). Sementara 4K mengusung resolusi sebesar 3.840 x 2.160 pixel, atau 4 kali video HD. Resolusi tinggi itu juga membuat ukuran file bertambah besar. Kebutuhan bandwidth untuk memutar video 4K mencapai delapan kali konten standar HD.

Untuk menangani streaming video 4K yang besar, YouTube telah memperkenalkan codec video VP9. Dengan codec baru ini, YouTube bisa mentransmisikan video 4K tanpa membebani jaringan internet yang dipakai pengguna.

Dengan codec VP9, pengguna juga dijanjikan tidak akan mengalami waktu buffer yang terlalu lama.

VP9 adalah codec video bebas royalti yang dikembangkan Google sebagai alternatif dari codec H.265 yang banyak dipakai oleh video-video 4K lainnya. Sebelumnya, pada 2010, Google pernah meluncurkan codec VP8 sebagai standar video streaming gratis, namun kurang mendapat sambutan baik.

Dikutip dari situs Giga Om (2/1/2014), Google telah bekerja sama dengan beberapa produsen hardware untuk menerapkan penggunaan VP9, seperti ARM, Intel, Broadcom, serta raksasa produk elektronik konsumen seperti Samsung, Sharp, dan Toshiba.

Di ajang CES nanti, demonstrasi streaming video 4K tersebut akan dilakukan di stan Panasonic, LG, dan Sony.

Codec VP9 tidak dijadikan Google sebagai pesaing codec lain. Menurut Global Director Partnership YouTube, Francisco Varela, codec VP9 diperkenalkan sebagai bagian dari pengumuman dukungan video 4K di YouTube, serta tak menutup kemungkinan YouTube mendukung codec lain seperti H.265.

Varela juga menambahkan bahwa hardware decoding VP9 akan tersedia untuk perangkat PC dan mobile terlebih dahulu. Televisi akan menyusul kemudian di tahun depan.

VP9 juga dikatakan Varela bukan hanya untuk kepentingan YouTube saja, namun juga untuk keseluruhan ekosistem video streaming. Layanan video lain yang ingin mengalirkan konten 4K secara efisien juga bisa menggunakan VP9.

Perkembangan kualitas 4K sejalan dengan perkembangan teknologi layar. Di masa mendatang, bakal makin banyak monitor dan televisi yang dirilis dengan resolusi 4K.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber Giga Om
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.