Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prosesor Mac Pro Ternyata Tidak Benar-benar "Menempel"

Kompas.com - 05/01/2014, 08:02 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Mac Rumors

KOMPAS.com - Mac Pro, komputer yang sarat akan tenaga besutan Apple ditujukan bagi pengguna yang menginginkan performa tinggi dan desain yang menawan.

Versi terbaru dari Mac Pro yang berbentuk silinder unik menggunakan prosesor Intel Xeon quad core 3,7 GHz, RAM 12 GB, SSD 256 GB, dengan grafis AMD D300 FirePro.

Dengan spesifikasi yang canggih itu, prosesor Mac Pro sepertinya tak perlu disediakan opsi untuk bisa di-upgrade. Namun dalam sebuah postingan di blog resmi Apple, setelah dibongkar, Mac Pro ternyata menggunakan soket untuk prosesor di dalamnya.

Hal ini mengindikasikan bahwa prosesor dari pabrik tersebut tidak benar-benar "menempel" alias bisa dilepas dari motherboard dan diganti sendiri oleh penggunanya.

Dikutip dari MacRumor, Minggu (5/1/2014), prosesor Intel Xeon E5 dalam Mac Pro terbukti bisa dilepas-pasang. Dengan menggunakan model soket, alih-alih prosesor yang disolder seperti dalam Mac sebelumnya, memungkinkan pengguna untuk melakukan upgrade di masa depan.

Keempat CPU yang digunakan dalam Mac Pro baru semuanya menggunakan soket LGA 2011 yang distandarkan untuk motherboard Mac Pro.

Selain CPU, RAM dalam sistem baru tersebut juga bisa di-upgrade oleh pengguna. Apple telah memutuskan untuk menggunakan slot RAM tradisional.

Selama ini Apple memang membuat penggunanya tak berkutik jika ingin melakukan upgrade, bahkan pada produk MacBook Pro sekalipun.

Alasan Apple adalah dengan desain seperti itu, memungkinkan produk Apple dibuat dengan dimensi yang lebih kecil dan tipis. Mac Pro terbaru Apple diklaim hanya memiliki seperdelapan volume pendahulunya yang berbentuk kubus.

Mac Rumors
Apple memperkenalkan desain baru Mac Pro di ajang WWDC 2013
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mac Rumors
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com