Prosesor Mac Pro Ternyata Tidak Benar-benar "Menempel"

Kompas.com - 05/01/2014, 08:02 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Mac Pro, komputer yang sarat akan tenaga besutan Apple ditujukan bagi pengguna yang menginginkan performa tinggi dan desain yang menawan.

Versi terbaru dari Mac Pro yang berbentuk silinder unik menggunakan prosesor Intel Xeon quad core 3,7 GHz, RAM 12 GB, SSD 256 GB, dengan grafis AMD D300 FirePro.

Dengan spesifikasi yang canggih itu, prosesor Mac Pro sepertinya tak perlu disediakan opsi untuk bisa di-upgrade. Namun dalam sebuah postingan di blog resmi Apple, setelah dibongkar, Mac Pro ternyata menggunakan soket untuk prosesor di dalamnya.

Hal ini mengindikasikan bahwa prosesor dari pabrik tersebut tidak benar-benar "menempel" alias bisa dilepas dari motherboard dan diganti sendiri oleh penggunanya.

Dikutip dari MacRumor, Minggu (5/1/2014), prosesor Intel Xeon E5 dalam Mac Pro terbukti bisa dilepas-pasang. Dengan menggunakan model soket, alih-alih prosesor yang disolder seperti dalam Mac sebelumnya, memungkinkan pengguna untuk melakukan upgrade di masa depan.

Keempat CPU yang digunakan dalam Mac Pro baru semuanya menggunakan soket LGA 2011 yang distandarkan untuk motherboard Mac Pro.

Selain CPU, RAM dalam sistem baru tersebut juga bisa di-upgrade oleh pengguna. Apple telah memutuskan untuk menggunakan slot RAM tradisional.

Selama ini Apple memang membuat penggunanya tak berkutik jika ingin melakukan upgrade, bahkan pada produk MacBook Pro sekalipun.

Alasan Apple adalah dengan desain seperti itu, memungkinkan produk Apple dibuat dengan dimensi yang lebih kecil dan tipis. Mac Pro terbaru Apple diklaim hanya memiliki seperdelapan volume pendahulunya yang berbentuk kubus.

Mac Rumors
Apple memperkenalkan desain baru Mac Pro di ajang WWDC 2013
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Mac Rumors
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.