Intel Pamer Komputer Dual OS, Android dan Windows

Kompas.com - 06/01/2014, 09:37 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Intel akan bekerja sama dengan sejumlah produsen komputer untuk membuat komputer dual OS yang mampu menjalankan dua sistem operasi sekaligus, yaitu Android dan Windows. Komputer ini akan dipamerkan Intel dalam ajang Computer Electronics Show 2014 di Las Vegas, Amerika Serikat, dari 7 hingga 10 Januari 2014.

The Verge melaporkan, ide dasar Intel adalah membuat Android berjalan dalam Windows menggunakan teknik virtualisasi. Sehingga, pengguna bisa membuka aplikasi Android dan Windows secara bersamaan tanpa harus me-reboot komputer.

Sebelumnya, Samsung pernah melakukan hal serupa melalui produk laptop Ativ Q yang dibekali desain layar sentuh. Asus asal Taiwan juga membangun sebuah komputer dual OS.

Rencana Intel ini nampaknya kurang berjalan mulus. Microsoft selaku empunya Windows, dikabarkan kurang setuju jika sistem operasinya disandingkan dengan Android.

“Microsoft tidak ingin ini terjadi,” kata Patrick Moorhead, analis utama di Moor Insights and Strategy. Menurutnya, selama ini Microsoft berusaha menggabungkan sistem operasi Windows dan Windows Phone, dengan tujuan menyatukan toko aplikasi keduanya.

Ide utamanya adalah, setiap aplikasi yang dibangun untuk salah satu sistem operasi Microsoft bisa bekerja di perangkat ponsel pintar maupun komputer pribadi. Nah, dengan menempatkan Android dan Windows dalam satu perangkat, akan mengacaukan rencana jangka panjang Microsoft tersebut.

Moorhead berpendapat, Microsoft bisa saja membujuk para produsen komputer untuk membatalkan rencana memproduksi komputer dual OS berbasis Windows dan Android.

Intel selama ini telah bekerja keras mengoptimalkan aplikasi-aplikasi Android dapat bekerja di prosesor berbasis arsitektur x86 buatannya. Kebanyakan aplikasi Android dimaksimalkan untuk prosesor dengan basis arsitektur ARM.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.