Samsung Patenkan "Tablet Lipat"

Kompas.com - 07/01/2014, 09:40 WIB
Gambar desain tablet yang bisa dilipat dalam dokumen paten Samsung SamsungGambar desain tablet yang bisa dilipat dalam dokumen paten Samsung
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Gambar desain tablet yang bisa dilipat dalam dokumen paten Samsung

KOMPAS.com - Samsung telah menerima hak atas sejumlah desain yang dipatenkan, termasuk ponsel yang melengkung di sumbu vertikal. Tapi itu bukan satu-satunya yang dipatenkan oleh raksasa elektronik Korea tersebut.

Phone Arena melaporkan bahwa Samsung juga memperoleh paten tablet rancangan baru, yang haknya diberikan oleh Kantor Paten dan Merk Dagang AS (USPTO) pada hari terakhir tahun 2013.

Paten dengan nomer US D696.693 S itu menjabarkan desain tablet yang bisa dilipat layaknya buku.

Ketika akan dipakai, tablet ini bisa dibentangkan sehingga menampakkan seluruh permukaan layarnya. Saat mau disimpan, layar tadi bisa ditekuk di bagian tengah sehingga mengecilkan ukuran perangkat.

Tapi dalam gambar tak tampak adanya semacam engsel yang menahan layar. Mungkinkah perangkat ini menggunakan layar fleksibel?

Tak banyak yang diketahui selain bentuk tablet yang dijabarkan dalam gambar di dokumen paten Samsung tersebut.

Seperti konsep-konsep lain yang dijabarkan dalam paten, perangkat tablet ini belum tentu terwujud dalam bentuk produk jadi. Walaupun begitu, kemungkinannya tetap ada.

Sebelum ini, Samsung juga sempat mematenkan desain smartphone dengan layar yang melebar hingga sisi-sisi perangkat sehingga tampak seolah tak memiliki bingkai. Boleh jadi desain tersebut bakal diterapkan pada Galaxy S5 atau Note 4.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X