Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Patenkan "Tablet Lipat"

Kompas.com - 07/01/2014, 09:40 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Gambar desain tablet yang bisa dilipat dalam dokumen paten Samsung

KOMPAS.com - Samsung telah menerima hak atas sejumlah desain yang dipatenkan, termasuk ponsel yang melengkung di sumbu vertikal. Tapi itu bukan satu-satunya yang dipatenkan oleh raksasa elektronik Korea tersebut.

Phone Arena melaporkan bahwa Samsung juga memperoleh paten tablet rancangan baru, yang haknya diberikan oleh Kantor Paten dan Merk Dagang AS (USPTO) pada hari terakhir tahun 2013.

Paten dengan nomer US D696.693 S itu menjabarkan desain tablet yang bisa dilipat layaknya buku.

Ketika akan dipakai, tablet ini bisa dibentangkan sehingga menampakkan seluruh permukaan layarnya. Saat mau disimpan, layar tadi bisa ditekuk di bagian tengah sehingga mengecilkan ukuran perangkat.

Tapi dalam gambar tak tampak adanya semacam engsel yang menahan layar. Mungkinkah perangkat ini menggunakan layar fleksibel?

Tak banyak yang diketahui selain bentuk tablet yang dijabarkan dalam gambar di dokumen paten Samsung tersebut.

Seperti konsep-konsep lain yang dijabarkan dalam paten, perangkat tablet ini belum tentu terwujud dalam bentuk produk jadi. Walaupun begitu, kemungkinannya tetap ada.

Sebelum ini, Samsung juga sempat mematenkan desain smartphone dengan layar yang melebar hingga sisi-sisi perangkat sehingga tampak seolah tak memiliki bingkai. Boleh jadi desain tersebut bakal diterapkan pada Galaxy S5 atau Note 4.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com