Nvidia Perkenalkan Prosesor "192 Core" untuk Android

Kompas.com - 07/01/2014, 10:02 WIB
Tablet Android 7 inci Nvidia Tegra Note NvidiaTablet Android 7 inci Nvidia Tegra Note
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Tablet Android 7 inci Nvidia Tegra Note

KOMPAS.com - Nvidia tak ketinggalan memanfaatkan momentum eksebisi Consumer Electronics Show (CES) 2013 yang tengah berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat.

CEO Nvidia Jen Hsun Huang pada Minggu (5/1/2013) lalu naik panggung dan memperkenalkan Tegra K1, prosesor mobile untuk smartphone dan tablet Android yang dipersenjatai CUDA-core sebanyak 192 buah.

"Core" di sini bukan inti CPU, melainkan jumlah inti prosesor grafis di GPU Tegra K1 yang diiambil dari keluarga pengolah grafis "Kepler" milik Nvidia. Dalam hal ini, spesifikasi Tegra K1 lebih tinggi dari pendahulunya, Tegra 4 yang hanya memiliki 72 CUDA-core.

Sebagaimana dilaporkan oleh The Verge, ini berarti Tegra K1 seharusnya memiliki kinerja olah grafis yang lebih besar dibandingkan Tegra 4. Pada konferensi SIGGRAPH tahun lalu, Nvidia mengklaim bahwa pengolah grafis Kepler yang tertanam di Tegra K1 punya performa melebihi konsol game PlayStation 3.

Alhasil, Huang mengatakan bahwa Tegra K1 sanggup menghasilkan rendering grafis 3D yang realistik. Untuk membuktikan ucapannya, ia menyertakan sebuah video demonstrasi di mana Tegra K1 menjalankan efek-efek visual milik engine game Unreal 4 dari Epic, seperti bisa dilihat di bawah ini.

Untuk CPU, Tegra K1 menggunakan empat buah (quad-core) inti ARM Cortex A15 berkecepatan 2,3 GHz yang mirip dengan milik Tegra 4. Akan tetapi, ada varian lain dari chip ini yang mengusung inti CPU dual-core ARM 64-bit bernama "Denver" yang akan berjalan pada frekuensi 2,5 GHz.

Versi Tegra K1 dengan CPU quad-core ARM A15 diperkirakan akan meluncur pada paruh pertama tahun ini, sementara varian dengan CPU dual-core 64 bit akan menyusul pada paruh kedua.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.