Kompas.com - 07/01/2014, 14:44 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorAditya Panji

KOMPAS.com - Intel sedang gencar menyasar segmen wearable computing. Di pameran CES 2014 yang tengah berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat, raksasa prosesor itu memperkenalkan Edison, sebuah komputer mungil yang ukurannya hanya sebesar kartu memori.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Edison merupakan sebuah komputer utuh yang didesain dalam kemasan seukuran SD Card, lengkap dengan RAM LPDDR2, memori flash NAND, serta konektivitas WiFi dan Bluetooh

Dibangun dengan basis prosesor Intel Quark 22nm, Edison ditujukan untuk wearable device dan produk elektronik "pintar" untuk konsumen, di mana ukuran fisik dan konsumsi daya harus ditekan seminim mungkin.

Sebuah microcontroller yang bisa diprogram pada Edison berperan mengatur input dan output serta berbagai macam fungsi dasar lainnya, sementara core prosesornya yang menggunakan arsitektur x86 bisa menjalankan Linux dan sistem operasi lain.

Intel menyediakan toko aplikasi yang didesain khusus untuk Edison. Sebuah versi khusus dari Wolfram juga akan dirilis untuk platform ini.

Autodesk menyatakan telah mendukung library mekanik/elektrik Intel Edison di dalam aplikasi 123D Circuits miliknya. 123D adalah suite program untuk membuat desain produk, 3D printing, dan proyek lain berbasis teknologi yang didesain untuk pengembang perangkat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.