Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Edison, Komputer Utuh Sebesar SD Card

Kompas.com - 07/01/2014, 14:44 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Intel sedang gencar menyasar segmen wearable computing. Di pameran CES 2014 yang tengah berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat, raksasa prosesor itu memperkenalkan Edison, sebuah komputer mungil yang ukurannya hanya sebesar kartu memori.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Edison merupakan sebuah komputer utuh yang didesain dalam kemasan seukuran SD Card, lengkap dengan RAM LPDDR2, memori flash NAND, serta konektivitas WiFi dan Bluetooh

Dibangun dengan basis prosesor Intel Quark 22nm, Edison ditujukan untuk wearable device dan produk elektronik "pintar" untuk konsumen, di mana ukuran fisik dan konsumsi daya harus ditekan seminim mungkin.

Sebuah microcontroller yang bisa diprogram pada Edison berperan mengatur input dan output serta berbagai macam fungsi dasar lainnya, sementara core prosesornya yang menggunakan arsitektur x86 bisa menjalankan Linux dan sistem operasi lain.

Intel menyediakan toko aplikasi yang didesain khusus untuk Edison. Sebuah versi khusus dari Wolfram juga akan dirilis untuk platform ini.

Autodesk menyatakan telah mendukung library mekanik/elektrik Intel Edison di dalam aplikasi 123D Circuits miliknya. 123D adalah suite program untuk membuat desain produk, 3D printing, dan proyek lain berbasis teknologi yang didesain untuk pengembang perangkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com