Tahun Ini, Gadget Intel Bakal Lebih "Manusiawi"

Kompas.com - 08/01/2014, 11:28 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Ilustrasi.

KOMPAS.com - Di tengah maraknya layar sentuh yang sudah umum diadopsi oleh perangkat komputer dan gadget masa kini, Intel tengah menyiapkan metode interaksi baru yang mengandalkan "bahasa manusia" alias gerakan tubuh dan perintah suara.

Teknologi yang dinamakan Intel RealSense rencanaya bakal diterapkan di aneka Ultrabook, notebook, tablet, all-in-one PC, hingga perangkat 2-in-1 berbasis Intel. Rekanan yang telah digandeng mencakup Acer Dell, Fujitsu, HP, Lenovo, dan NEC.

Berbekal kamera khusus dengan teknologi RealSense, perangkat-perangkat tersebut akan mampu mengenali gerakan-gerakan tubuh pengguna dengan akurat, termasuk jari-jari di tangan, mirip dengan yang mampu dilakukan konsol game Xbox dengan aksesoris Kinect.

Latar belakang dan depan juga bisa dikenali sehingga memungkinkan berbagai skenario seperti augmented reality interaktif, di samping kendali dengan memakai gerak tubuh -misalnya sapuan tangan di udara.

"Visi kami dengan Intel RealSense adalah membalik (cara interaksi tradisional) dan membuat perangkat komputer lebih mengerti tentang kita," ujar general manager Perceptual Computing Group Intel, Mooly Eden, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas Tekno. Eden memperkenalkan RealSense dalam pameran CES 2014 yang sedang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat.

Mendukung kamera khusus milik RealSense, Intel turut menerapkan kemampuan voice dictation dari Nuance Dragon Assistant.

Perangkat-perangkat yang dilengkapi teknologi RealSense dijadwalkan mulai hadir pada paruh kedua 2014. Informasi selengkapnya mengenai teknologi ini dapat dilihat pada tautan berikut.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X