Microsoft Mau Satukan Windows Phone dan Android?

Kompas.com - 09/01/2014, 10:29 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Windows Phone masih tertinggal jauh dari Android dalam banyak hal. Microsoft selaku pemilik sistem operasi tersebut pun sibuk mencari cara agar dapat menyaingi si robot hijau.

Salah satu cara yang bisa dilakukan, kabarnya, adalah dengan mengizinkan partner OEM Windows Phone menggabungkan OS tersebut dengan Android di satu perangkat, alias dual-booting.

Informasi tersebut datang dari The Information yang dikutip oleh Windows Phone Central. Menurut sejumlah dokumen internal, Microsoft sedang mempertimbangkan opsi dual-boot tersebut sebagai salah satu jalan yang mungkin ditempuh.

Sebelum kabar ini muncul, Oktober lalu pernah beredar rumor serupa bahwa HTC (salah satu OEM pabrikan Windows Phone) sedang menyiapkan ponsel dual-booting Windows Phone 8 dan Android.

Tapi jangan keburu senang dulu. Kalaupun benar Microsoft sedang mempertimbangkan dual-booting, banyak kendala teknis yang menghadang karena persyaratan hardware untuk ponsel Android berbeda dengan Windows Phone.

Ada pula tanggapan bahwa yang dibicarakan dalam dokumen Microsoft itu tak lain adalah rencana membuat desain perangkat generik bagi OEM yang dengan mudah bisa dipasangi OS Windows Phone atau Android, tapi bukan keduanya sekaligus.

Di samping opsi dual-booting itu, beberapa pilihan strategi lain juga turut dipaparkan dalam dokumen, seperti menggratiskan biaya lisensi Windows Phone untuk OEM yang tertarik, sampai menggunakan royalti paten yang ditarik Microsoft dari OEM untuk mengiklankan perangkat Windows Phone dari produsen yang sama. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber WPCentral


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.