Kompas.com - 09/01/2014, 15:20 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Sebuah kamera mirrorless baru diperkenalkan oleh Sony di ajang pameran CES 2014 yang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat, minggu ini.

Kamera bernama Alpha 5000 itu diklaim sebagai kamera mirrorless paling ringan di dunia yang memiliki koneksi WiFi. Bobotnya sendiri hanya 210 gram tanpa lensa.

Sebagaimana dilansir oleh Trusted Review, di samping bodi langsing dan sambungan jaringan itu, Alpha 5000 turut dilengkapi sebuah LCD touchscreen yang bisa dilipat 180 derajat ke arah atas sehingga menghadap ke depan kamera untuk self portrait.

Di dalamnya terdapat sensor APS-C dengan resolusi 20 megapixel yang memiliki tingkat sensitivitas hingga ISO 16.000. Sensor itu dipasangkan dengan dengan prosesor gambar Bionz X yang sama, seperti milik kamera mirrorless full-frame Sony A7 dan A7R.

Seperti model-model mirrorless teranyar lain dari Sony, Alpha 5000 juga mampu menjalankan aplikasi kamera dari produsen tersebut. Jumlahnya kini mencapai 16 judul, termasuk program-program untuk menjalankan keperluan khusus, seperti Time Lapse

Fitur lain mencakup koneksi ke smartphone melalui aplikasi PlayMemories, NFC, charging melalui port micro-USB, dan perekaman video full-HD 60FPS.

Alpha 5000 rencananya akan dibanderol seharga 600 dollar AS atau sekitar Rp 7,4 juta, termasuk lensa power zoom 16-50mm f/3.5-5.6 dari produsen yang sama.

Kehadiran Alpha 5000 sekaligus menandai akhir dari branding "NEX" yang selama ini selalui dipakai Sony untuk lini kamera mirrorless miliknya. Produk terakhir yang memakai nama itu adalah NEX-5T yang diperkenalkan pada Agustus 2013.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.