Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/01/2014, 15:55 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — BlackBerry sejak tahun 2013 lalu berusaha meraih pengguna lebih banyak dengan membuat ponsel desain layar sentuh penuh. Di bawah CEO baru, John Chen, strategi itu tampaknya akan disingkirkan dan kembali fokus pada desain papan ketik QWERTY fisik (keyboard).

"Saya pribadi suka keyboard," kata Chen dalam wawancara dengan Bloomberg di sela pameran Consumer Electronics Show 2014 di Las Vegas, AS.

Ia mengatakan, ponsel BlackBerry pada masa depan akan "didominasi" oleh desain keyboard fisik, bukan layar sentuh. Ia memprediksi para pengguna akan lebih suka keyboard fisik untuk aktivitas mengetik.

BlackBerry menganggap desain keyboard-nya amat berarti. Sampai-sampai, mereka menggugat perusahaan Typo Keyboard yang membuat aksesori bernama Typo Keyboard. Aksesori itu adalah pelindung ponsel yang dibekali keyboard fisik untuk Apple iPhone. Bentuk dan susunan keyboard itu sekilas memang mirip dengan keyboard BlackBerry.

Chen sedang mencoba membangun kembali perusahaan yang sedang mengalami penurunan kinerja. BlackBerry akan memfokuskan dirinya ke segmen pasar korporasi dan pemerintah, yang sedari awal menjadi segmen utama BlackBerry.

Untuk menumbuhkan bisnis perangkat, Chen menunjuk Ron Louks sebagai pemimpin bisnis perangkat. Louks adalah mantan eksekutif HTC dan Sony Ericsson.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.