Kompas.com - 09/01/2014, 16:41 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Sony Indonesia secara resmi melepas konsol game PlayStation 4 (PS4) ke pasaran Tanah Air, Kamis (9/1/2014). Perangkat ini dibanderol dengan kisaran harga Rp 7 juta.

Angka itu terpaut cukup jauh dari harga PS4 di beberapa wilayah lain. Di Amerika Serikat, misalnya, PS4 dihargai 399 dollar AS atau sekitar Rp 5 juta. Mengapa bisa ada perbedaan tersebut?

Seperti bisa ditebak, alasannya tak jauh-jauh dari pajak yang dibebankan. "Terkait dengan soal tax, dan beberapa biaya lain. Kami terpaksa menaikkan harga jualnya jadi lebih tinggi di Indonesia," jelas Brand Activation Management Division Head PT Sony Indonesia Hiroshi Sakai, ketika ditemui di sela-sela acara peluncuran PS4 di Jakarta.

Senada dengan Sakai, Product Marketing and Game Business Sony Indonesia Astrid Ramadhina mengatakan bahwa biaya terkait impor PS4 merupakan salah satu penyebab di balik tingginya harga mesin game itu.

"Malah kenaikan baru Pajak Penghasilan (PPh) untuk impor barang mulai diberlakukan, kita harus bayar lebih lagi," keluh Astrid, mengacu pada kenaikan PPh pasal 22 untuk barang tertentu (termasuk elektronik) dari 2,5 persen menjadi 7,5 persen. Dia mengaku belum tahu apakah harga PS4 akan disesuaikan atau tidak.

Kendati demikian, Senior Marketing Manager Sony Indonesia Kentaro Hatanaka mengatakan bahwa kondisi serupa juga terjadi di negara-negara lain di wilayah Asia Tenggara. "Di Singapura, misalnya, harga PS4 mencapai 639 dollar Singapura (Rp 6,2 juta)", ucapnya.

Perihal harga tinggi ini sempat pula ramai dibicarakan di Brasil, dimana banderol PS4 mencapai kisaran 1.800 dollar AS atau hampir Rp 23 juta. Pihak Sony menyalahkan pajak di negara tersebut sebagai biang keladi melambungnya harga PS4.

Meski begitu, sebagaimana diungkapkan oleh Sakai, judul-judul game PS4 tidak dikunci dengan "region lock". "Artinya, Anda bisa saja membeli PS4 di negara lain, lalu membeli dan memainkan game-nya di negara sendiri."

Sony memberi garansi regional untuk PS4 di enam negara Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam. PS4 yang dibeli di Indonesia misalnya, bisa diperbaiki gratis di Singapura atau Malaysia selama masa garansi sepanjang 1 tahun, demikian pula sebaliknya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.