Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Blastnote, Aplikasi Lokal untuk Tukar Konten

Kompas.com - 10/01/2014, 18:34 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Tampilan aplikasi Blastnote

KOMPAS.com — Saat ini sarana untuk berbagi konten digital dengan orang lain telah banyak tersedia, tetapi hanya sedikit yang mempertimbangan aspek keamanan dan privasi dalam proses sharing tersebut.

Hal inilah yang mengrinspirasi Algo Studio, sebuah pengembang asal Indonesia, untuk merilis Blastnote, sebuah aplikasi untuk berbagi konten secara aman.

Menurut keterangan di situs resminya, Blastnote bisa dipakai untuk mengunggah berbagai macam konten seperti teks, gambar, video, audio, hingga info lokasi. Aneka konten ini dilindungi dengan enkripsi sehingga relatif aman.

Sambil menunggu, pengguna bisa melakukan hal lain, sementara proses upload dilakukan secara background.

Seusai diunggah, konten yang bersangkutan bisa diakses melalui aplikasi Blastnote. Pengguna akan memperoleh tautan (link) menuju konten. Tautan ini bisa diberikan ke orang lain melalui SMS, e-mail, ataupun pesan instan.

Jika diinginkan, laman konten yang diunggah bisa diproteksi dengan password untuk membatasi pengguna yang mengakses.

Semua konten yang dibuat otomatis tersimpan dalam perangkat pengguna. Namun, konten yang diunggah memiliki masa kedaluwarsa selama 24 jam. Masa kedaluwarsa tersebut bisa diperpanjang dengan semakin banyaknya pembaca yang mengunjungi konten itu.

Saat ini Blastnote baru tersedia di platform Windows Phone 8. Versi Android rencanaya akan menyusul diluncurkan pada 11 Februari mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com