Blastnote, Aplikasi Lokal untuk Tukar Konten

Kompas.com - 10/01/2014, 18:34 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Tampilan aplikasi Blastnote

KOMPAS.com — Saat ini sarana untuk berbagi konten digital dengan orang lain telah banyak tersedia, tetapi hanya sedikit yang mempertimbangan aspek keamanan dan privasi dalam proses sharing tersebut.

Hal inilah yang mengrinspirasi Algo Studio, sebuah pengembang asal Indonesia, untuk merilis Blastnote, sebuah aplikasi untuk berbagi konten secara aman.

Menurut keterangan di situs resminya, Blastnote bisa dipakai untuk mengunggah berbagai macam konten seperti teks, gambar, video, audio, hingga info lokasi. Aneka konten ini dilindungi dengan enkripsi sehingga relatif aman.

Sambil menunggu, pengguna bisa melakukan hal lain, sementara proses upload dilakukan secara background.

Seusai diunggah, konten yang bersangkutan bisa diakses melalui aplikasi Blastnote. Pengguna akan memperoleh tautan (link) menuju konten. Tautan ini bisa diberikan ke orang lain melalui SMS, e-mail, ataupun pesan instan.

Jika diinginkan, laman konten yang diunggah bisa diproteksi dengan password untuk membatasi pengguna yang mengakses.

Semua konten yang dibuat otomatis tersimpan dalam perangkat pengguna. Namun, konten yang diunggah memiliki masa kedaluwarsa selama 24 jam. Masa kedaluwarsa tersebut bisa diperpanjang dengan semakin banyaknya pembaca yang mengunjungi konten itu.

Saat ini Blastnote baru tersedia di platform Windows Phone 8. Versi Android rencanaya akan menyusul diluncurkan pada 11 Februari mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.