Kompas.com - 11/01/2014, 19:03 WIB
Teknologi gerak Kinect merupakan buatan dari perusahaan asal Israel, Primesense MicrosoftTeknologi gerak Kinect merupakan buatan dari perusahaan asal Israel, Primesense
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Intel berupaya meningkatkan pengalaman pengguna kamera laptop dengan mengintegrasikan kamera 3D. Kamera ini bekerja mirip dengan kamera Kinect yang terdapat dalam konsol game Microsoft Xbox.

Untuk mewujudkannya, Intel telah menjalion kerja sama dengan beberapa pabrikan laptop. Teknologi ini diberi nama Intel RealSense 3D camera. Selain Laptop, Intel juga berencana menambahkannya untuk PC All-in-one dan two-in-one.

Dikutip dari The Verge (6/1/2014), beberapa vendor laptop yang telah meneken kerja sama dengan Intel antara lain Acer, Asus, Dell, Fujitsu, HP, Lenovo, dan NEC.

Tentunya selain dari sisi hardware Microsoft juga menyiapkan software yang bisa dipakai dengan kamera 3D tersebut. Microsoft mengatakan bahwa nantinya teknologi kamera RealSense 3D bisa digunakan untuk software seperti Autodesk, DreamWorks, Metaio, dan sebagainya.

Selain itu, layanan video conferencing Microsoft seperti Skype dan Lync juga bisa memanfaatkan kamera ini. Menurut Microsoft, saat digunakan dengan layanan tersebut, maka latar belakang pengguna bisa dihapus atau dihilangkan dari layar saat melakukan telekonferensi.

Dalam keterangan resminya, Intel menyebut bahwa modul kamera tersebut mengombinasikan sensor kedalaman bidang yang terbaik di kelasnya, kamera warna 1080p, dan memiliki kemampuan mendeteksi gerakan masing-masing jari pengguna serta fitur pengenal wajah.

Selain membuat kamera 3D, kerjasama Microsoft dengan 3D Systems juga dikabarkan akan membuahkan kamera untuk memindai dan mencetak dalam format 3D.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.