Kompas.com - 11/01/2014, 19:35 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Di masa depan, Sony ingin lebih banyak lagi gamer yang memainkan game PlayStation di rumah-rumah. Sony ingin game-game tersebut bisa dimainkan siapa saja, bahkan mereka yang tidak memiliki konsol PlayStation. Bagaimana caranya?

Sony akan meluncurkan layanan PlayStation Now, layanan ini memanfaatkan teknologi cloud gaming untuk menghadirkan game PS3 ke beragam perangkat, termasuk PS4, PS3, PlayStation Vita, dan TV Bravia mulai keluaran 2014.

Layanan baru Sony tersebut diperkenalkan oleh Andrew House, President and Group CEO Sony Computer Entertainment di kesempatan pidatonya di ajang CES 2014, di Las Vegas, Nevada.

Selain itu, Sony juga berambisi membawa game PlayStation untuk perangkat-perangkat non-Sony, tanpa terkecuali smartphone dan tablet Android.

Konsep yang dipakai PlayStation Now ini mirip dengan Steam. Game ditaruh di komputasi awan dan pengguna hanya membutuhkan koneksi yang cukup untuk menjalankannya di perangkat mobile Android mereka. Tablet dan smartphone Android belakangan didesain semakin kencang dan bertenaga, inilah yang diincar oleh Sony.

Game-game yang ditaruh di cloud oleh Sony ini juga termasuk game-game klasik dari konsol PlayStation 2. Sehingga bagi yang ingin bernostalgia memainkan game lawas, akan bisa melakukan streaming melalui konsol mereka.

Menurut Android Authority (7/1/2014), layanan PlayStation Now Beta akan diperkenalkan di Amerika Serikat (AS) terlebih dahulu di akhir Januari ini. Layanan tersebut juga baru terbatas untuk konsol dan TV Sony.

Secara resmi, Sony baru akan meluncurkan PlayStation Now pada pertengahan tahun 2014, juga terbatas pada konsumen di AS. Gamer akan diminta untuk berlangganan atau menyewa layanan berupa game, termasuk menyimpan progress-nya, dukungan multiplayer, trophi, dan layanan messaging.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.