"Adolf Hitler" Muncul di Peta, Google Minta Maaf

Kompas.com - 13/01/2014, 07:32 WIB
Nama jalan Spiegel Online InternationalNama jalan "Adolf Hitler" yang menjadi sorotan di peta Google Maps
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com — Seusai Perang Dunia II, segala yang berbau Nazi menjad hal tabu di Jerman. Karena itu, nama "Adolf Hitler" yang tiba-tiba terpampang di Google Maps segera mengundang perhatian warga negara tersebut.

Sang diktator itu muncul sebagai nama jalan di salah satu sisi lapangan Theodor-Heuzz-Platz, Berlin. Lapangan yang bersangkutan dulu memang pernah dinamai "Adolf Hitler Platz" pada periode kepemimpinan pria berkumis "toothbrush moustache" tersebut, mulai 1933 hingga 1945.

Nama lapangan ini kemudian diubah menjadi Reichskanzlerplats setelah Perang Dunia II berakhir, kemudian diubah lagi jadi namanya yang sekarang pada 1963.

Entah mengapa Google kemudian berinisiatif memunculkan sejarah lama lapangan itu kembali ke permukaan. Tak jelas berapa lama nama "Hitler" tertulis di Google Maps, tetapi laporan sejumlah media lokal yang dikutip oleh NBCNews menyatakan bahwa hal tersebut berlangsung selama beberapa jam pada tanggal 9 Januari 2014.

Google kemudian segera bereaksi dengan meminta maaf. "Kami telah menyadari adanya kesalahan nama sebuah jalan di Jerman di Google Maps dan telah memperbaikinya secepat mungkin. Mohon maaf atas kekeliruan ini," tulis raksasa mesin pencari itu dalam sebuah pernyataan.

Eksekutif Google menjelaskan pada surat kabar Jerman B.Z. bahwa pihaknya tak punya penjelasan di balik insiden tersebut dan sedang menyelidikinya. Ada kemungkinan hal itu terjadi karena kesalahan kecil di tool map maker Google, yang kemudian lolos dari evaluasi karena memang sejalan dengan sejarah tempat yang bersangkutan.



Sumber NBC News
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X