Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Adolf Hitler" Muncul di Peta, Google Minta Maaf

Kompas.com - 13/01/2014, 07:32 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber NBC News

KOMPAS.com — Seusai Perang Dunia II, segala yang berbau Nazi menjad hal tabu di Jerman. Karena itu, nama "Adolf Hitler" yang tiba-tiba terpampang di Google Maps segera mengundang perhatian warga negara tersebut.

Sang diktator itu muncul sebagai nama jalan di salah satu sisi lapangan Theodor-Heuzz-Platz, Berlin. Lapangan yang bersangkutan dulu memang pernah dinamai "Adolf Hitler Platz" pada periode kepemimpinan pria berkumis "toothbrush moustache" tersebut, mulai 1933 hingga 1945.

Nama lapangan ini kemudian diubah menjadi Reichskanzlerplats setelah Perang Dunia II berakhir, kemudian diubah lagi jadi namanya yang sekarang pada 1963.

Entah mengapa Google kemudian berinisiatif memunculkan sejarah lama lapangan itu kembali ke permukaan. Tak jelas berapa lama nama "Hitler" tertulis di Google Maps, tetapi laporan sejumlah media lokal yang dikutip oleh NBCNews menyatakan bahwa hal tersebut berlangsung selama beberapa jam pada tanggal 9 Januari 2014.

Google kemudian segera bereaksi dengan meminta maaf. "Kami telah menyadari adanya kesalahan nama sebuah jalan di Jerman di Google Maps dan telah memperbaikinya secepat mungkin. Mohon maaf atas kekeliruan ini," tulis raksasa mesin pencari itu dalam sebuah pernyataan.

Eksekutif Google menjelaskan pada surat kabar Jerman B.Z. bahwa pihaknya tak punya penjelasan di balik insiden tersebut dan sedang menyelidikinya. Ada kemungkinan hal itu terjadi karena kesalahan kecil di tool map maker Google, yang kemudian lolos dari evaluasi karena memang sejalan dengan sejarah tempat yang bersangkutan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com