Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berawal 2007, Ini Wajah iPhone dari Masa ke Masa

Kompas.com - 13/01/2014, 10:24 WIB
Aditya Panji

Penulis

KOMPAS.com — Tanggal 9 Januari 2007, pendiri Apple Steve Jobs memperkenalkan produk ponsel dengan layar lebar dan dinavigasi dengan jari manusia. Para peneliti di Apple bekerja keras mengembangkan produk itu bertahun-tahun, yang kelak diberi nama iPhone.

Kala itu Jobs mengatakan bahwa iPhone akan “menemukan kembali arti sebuah telepon”. Pengunjung yang menghadiri konferensi Macworld di San Francisco, California, itu menyambut dengan tepuk tangan.

iPhone merupakan ponsel pintar yang dapat melakukan panggilan telepon, terhubung ke internet, menerima e-mail, dan mendengarkan musik. Jobs memperlihatkan cara navigasi yang sangat berbeda. Ia membuka iPhone dengan cara menggeserkan jari dari kiri ke kanan, lalu menggulirkan layar dengan cara menyapu jari dari atas ke bawah.

Penonton bersorak, “Oooh,” menghargai kerja keras Apple dalam membuat cara navigasi ponsel yang begitu intuitif.

iPhone dianggap telah mengubah wajah industri ponsel pintar. Produk ini juga membawa Apple menjadi perusahaan paling berharga di dunia. iPhone menjadi ponsel terlaris selama beberapa tahun di Amerika Serikat, Jepang, dan negara lain.

Memperingati ulang tahun ke-7 iPhone, KompasTekno mengajak pembaca untuk melihat kembali bentuk fisik iPhone dari tahun ke tahun.

iPhone, dirilis 29 Juni 2007

Masyarakat di AS begitu kagum dengan ponsel ini. Namun, itu semua harus dibayar mahal dengan harga jual yang tinggi. Kala itu, Apple merilis iPhone dengan pilihan memori internal 4GB, 8GB, dan 16GB.

iPhone 3G, dirilis 11 Juli 2008

Inilah generasi kedua iPhone. Apple membuat iPhone yang mendukung koneksi 3G dan GPS. Peningkatan terbesar kala itu adalah sistem operasi iOS terbaru, termasuk push e-mail, petunjuk dalam fitur navigasi, dan toko aplikasi App Store yang memungkinkan pengembang menjual aplikasi untuk pengguna iPhone.

iPhone 3GS, dirilis 19 Juni 2009

iPhone 3GS hadir dengan prosesor yang lebih cepat serta kamera dengan resolusi tinggi yang dapat menangkap video 480p. Apple juga menambahkan fitur kontrol suara.

iPhone 4, dirilis 24 Juni 2010

Apple kembali membuat gebrakan dalam industri teknologi dengan menciptakan teknologi Retina Display di iPhone 4. Teknologi ini membuat tampilan layar iPhone 4 begitu tajam. Desain ponsel ini juga mengalami pembaruan dan menjadi ponsel tertipis kala itu. iPhone 4 dibingkai dengan materi stainless steel.

Apple juga menambahkan kamera depan untuk panggilan video, menyematkan sensor kamera 5MP yang dapat merekam video 720p. iPhone 4 menggunakan prosesor A4, bersama dengan iOS 4 yang membantu untuk aktivitas multitasking.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com