Berawal 2007, Ini Wajah iPhone dari Masa ke Masa

Kompas.com - 13/01/2014, 10:24 WIB
Steve Jobs ReutersSteve Jobs
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Tanggal 9 Januari 2007, pendiri Apple Steve Jobs memperkenalkan produk ponsel dengan layar lebar dan dinavigasi dengan jari manusia. Para peneliti di Apple bekerja keras mengembangkan produk itu bertahun-tahun, yang kelak diberi nama iPhone.

Kala itu Jobs mengatakan bahwa iPhone akan “menemukan kembali arti sebuah telepon”. Pengunjung yang menghadiri konferensi Macworld di San Francisco, California, itu menyambut dengan tepuk tangan.

iPhone merupakan ponsel pintar yang dapat melakukan panggilan telepon, terhubung ke internet, menerima e-mail, dan mendengarkan musik. Jobs memperlihatkan cara navigasi yang sangat berbeda. Ia membuka iPhone dengan cara menggeserkan jari dari kiri ke kanan, lalu menggulirkan layar dengan cara menyapu jari dari atas ke bawah.

Penonton bersorak, “Oooh,” menghargai kerja keras Apple dalam membuat cara navigasi ponsel yang begitu intuitif.

iPhone dianggap telah mengubah wajah industri ponsel pintar. Produk ini juga membawa Apple menjadi perusahaan paling berharga di dunia. iPhone menjadi ponsel terlaris selama beberapa tahun di Amerika Serikat, Jepang, dan negara lain.

Memperingati ulang tahun ke-7 iPhone, KompasTekno mengajak pembaca untuk melihat kembali bentuk fisik iPhone dari tahun ke tahun.

iPhone, dirilis 29 Juni 2007

Masyarakat di AS begitu kagum dengan ponsel ini. Namun, itu semua harus dibayar mahal dengan harga jual yang tinggi. Kala itu, Apple merilis iPhone dengan pilihan memori internal 4GB, 8GB, dan 16GB.

iPhone 3G, dirilis 11 Juli 2008

Inilah generasi kedua iPhone. Apple membuat iPhone yang mendukung koneksi 3G dan GPS. Peningkatan terbesar kala itu adalah sistem operasi iOS terbaru, termasuk push e-mail, petunjuk dalam fitur navigasi, dan toko aplikasi App Store yang memungkinkan pengembang menjual aplikasi untuk pengguna iPhone.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X