Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gadget Intel Segera Pakai Android "64-bit"

Kompas.com - 13/01/2014, 14:52 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber VR-Zone
Prosesor Intel dengan kode nama Bay Trail, dibangun dengan teknologi fabrikasi 22 nano meter (nm)

KOMPAS.com - Pada pameran CES 2014 di Las Vegas, Amerika Serikat, minggu lalu, Intel mengumumkan telah selesai mengembangkan kernel Linux 64-bit dari sistem operasi Android 4.4 Kitkat untuk gadget yang menggunakan prosesor Intel dengan basis arsitektur x86..

Sebagaimana dikutip dari VR-Zone, Wakil Presiden dan Manajer Umum unit Komunikasi dan Perangkat Bergerak Intel Hermaann Eul mengatakan bahwa kernel 64-bit itu bisa berjalan pada prosesor mobile Intel seperti Atom serti "BayTrail" yang digunakan di tablet dan "Merrifield" di smartphone. Kedua prosesor pada dasarnya memang sudah mendukung instruksi 64-bit.

Pemrograman 64-bit milik Intel itu hanya berlaku pada lapisan driver yang menjembatani sistem operasi dengan hardware, sementara fungsi-fungsi lain dari Android seperti run-time dan library akan tetap bekerja dalam mode 32-bit. Konversi ke-64 bit sepenuhnya masih memerlukan waktu beberapa lama lagi.

Google sendiri belum menunjukkan tanda-tanda bakal mendukung pemrograman 64-bit di Android, tapi itu tak menghalangi Intel untuk menambahkan sendiri dukungan tersebut untuk prosesor buatannya.

"Kami tak mau para partner terhambat oleh penundaan Google dalam meluncurkan codebase Android 64-bit," ujar Eul. "Ketika nanti Google sudah menyediakannya, rekanan kami tinggal menambahkan kode tersebut ke tempatnya."

Intel turut mengumumkan bahwa tablet BayTrail pertama yang menggunakan kernel Android 64-bit ini akan mulai hadir di pasaran pada paruh pertama 2014, dengan banderol murah mencapai kisaran 150 dollar AS. Smartphone berbasis Merrifield akan menyusul setelah itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber VR-Zone
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com