Kompas.com - 13/01/2014, 14:52 WIB
Prosesor Intel dengan kode nama Bay Trail, dibangun dengan teknologi fabrikasi 22 nano meter (nm) IntelProsesor Intel dengan kode nama Bay Trail, dibangun dengan teknologi fabrikasi 22 nano meter (nm)
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Prosesor Intel dengan kode nama Bay Trail, dibangun dengan teknologi fabrikasi 22 nano meter (nm)

KOMPAS.com - Pada pameran CES 2014 di Las Vegas, Amerika Serikat, minggu lalu, Intel mengumumkan telah selesai mengembangkan kernel Linux 64-bit dari sistem operasi Android 4.4 Kitkat untuk gadget yang menggunakan prosesor Intel dengan basis arsitektur x86..

Sebagaimana dikutip dari VR-Zone, Wakil Presiden dan Manajer Umum unit Komunikasi dan Perangkat Bergerak Intel Hermaann Eul mengatakan bahwa kernel 64-bit itu bisa berjalan pada prosesor mobile Intel seperti Atom serti "BayTrail" yang digunakan di tablet dan "Merrifield" di smartphone. Kedua prosesor pada dasarnya memang sudah mendukung instruksi 64-bit.

Pemrograman 64-bit milik Intel itu hanya berlaku pada lapisan driver yang menjembatani sistem operasi dengan hardware, sementara fungsi-fungsi lain dari Android seperti run-time dan library akan tetap bekerja dalam mode 32-bit. Konversi ke-64 bit sepenuhnya masih memerlukan waktu beberapa lama lagi.

Google sendiri belum menunjukkan tanda-tanda bakal mendukung pemrograman 64-bit di Android, tapi itu tak menghalangi Intel untuk menambahkan sendiri dukungan tersebut untuk prosesor buatannya.

"Kami tak mau para partner terhambat oleh penundaan Google dalam meluncurkan codebase Android 64-bit," ujar Eul. "Ketika nanti Google sudah menyediakannya, rekanan kami tinggal menambahkan kode tersebut ke tempatnya."

Intel turut mengumumkan bahwa tablet BayTrail pertama yang menggunakan kernel Android 64-bit ini akan mulai hadir di pasaran pada paruh pertama 2014, dengan banderol murah mencapai kisaran 150 dollar AS. Smartphone berbasis Merrifield akan menyusul setelah itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber VR-Zone
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.