Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2013, Penjualan PC Alami Penurunan Terparah

Kompas.com - 15/01/2014, 10:40 WIB
Oik Yusuf

Penulis

 

 

KOMPAS.com - Penjualan PC (laptop dan komputer dekstop) secara global diperkirakan kembali mengalami penurunan sebesar 6,9 persen pada kuartal IV 2013 dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun sebelumnya, dengan jumlah pengkapalan 82,6 juta unit.

Data tersebut dijabarkan dalam laporan awal Gartner yang dilansir oleh The Next Web. Estimasi lembaga riset ini mencatat bahwa, secara keseluruhan, pengkapalan PC sejumlah 315,9 juta unit pada 2013 lebih rendah 10 persen dibandingkan pada 2012.

Angka itu tercatat sebagai penurunan terbesar sepanjang sejarah pasar PC. Jumlah PC yang dikapalkan pada 2013 terjerembab hingga menyamai volume yang terekam empat tahun sebelumnya, pada 2009.

Gartner Estimasi jumlah pengkapalan PC secara global sepanjang kuartal IV 2013 dari Gartner


Senada dengan laporan Gartner, estimasi dari lembaga riset IDC menunjukkan bahwa pasar PC mengalami penurunan sebesar 5,6 persen secara year-over-year pada kuartal IV 2013.

Biang keladi lesunya pasar PC, menurut Gartner, adalah perangkat mobile -terutama berbasis Android- yang banyak dibeli konsumen sebagai hadiah pada musim liburan menjelang akhir tahun lalu. Hal ini didukung oleh harga jual rata-rata perangkat tersebut yang semakin murah.

Di tengah-tengah tren itu, Lenovo dan Dell mencatat pertumbuhan positif pada kisaran 6 persen, sementara produsen lain, seperti Asus dan Acer rata-rata menderita penurunan sebesar dua digit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com