2013, Penjualan PC Alami Penurunan Terparah

Kompas.com - 15/01/2014, 10:40 WIB
SHUTTERSTOCK
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
 

 

KOMPAS.com - Penjualan PC (laptop dan komputer dekstop) secara global diperkirakan kembali mengalami penurunan sebesar 6,9 persen pada kuartal IV 2013 dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun sebelumnya, dengan jumlah pengkapalan 82,6 juta unit.

Data tersebut dijabarkan dalam laporan awal Gartner yang dilansir oleh The Next Web. Estimasi lembaga riset ini mencatat bahwa, secara keseluruhan, pengkapalan PC sejumlah 315,9 juta unit pada 2013 lebih rendah 10 persen dibandingkan pada 2012.

Angka itu tercatat sebagai penurunan terbesar sepanjang sejarah pasar PC. Jumlah PC yang dikapalkan pada 2013 terjerembab hingga menyamai volume yang terekam empat tahun sebelumnya, pada 2009.

Gartner Estimasi jumlah pengkapalan PC secara global sepanjang kuartal IV 2013 dari Gartner


Senada dengan laporan Gartner, estimasi dari lembaga riset IDC menunjukkan bahwa pasar PC mengalami penurunan sebesar 5,6 persen secara year-over-year pada kuartal IV 2013.

Biang keladi lesunya pasar PC, menurut Gartner, adalah perangkat mobile -terutama berbasis Android- yang banyak dibeli konsumen sebagai hadiah pada musim liburan menjelang akhir tahun lalu. Hal ini didukung oleh harga jual rata-rata perangkat tersebut yang semakin murah.

Di tengah-tengah tren itu, Lenovo dan Dell mencatat pertumbuhan positif pada kisaran 6 persen, sementara produsen lain, seperti Asus dan Acer rata-rata menderita penurunan sebesar dua digit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.