Domain "Apapun.id" Resmi Diluncurkan

Kompas.com - 16/01/2014, 14:04 WIB
Domain .id Aditya Panji/KompasTeknoDomain .id
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) secara resmi meluncurkan domain anything.id atau apapun.id pada Rabu (15/1/2014). Apapun.id merupakan sebutan populer untuk pemakaian domain tingkat tinggi (DTT) .id, tanpa harus diturunkan terlebih dahulu menjadi domain tingkat dua (DTD).

Dengan dirilisnya domain apapun.id, publik dapat memakai domain .id secara langsung. Portal berita Kompas.com dan platform blog Kompasiana.com, milsanya, dapat menggunakan domain tersebut hingga dapat memanfaatkan alamat Kompas.id dan Kompasiana.id.

Ketua Umum Pandi, Andi Budimansyah mengatakan, sebelum domain apapun.id tersedia secara luas untuk publik, peluncurannya akan melewati tiga tahap, yaitu Sunrise (20 Januari - 17 April 2014), Grandfather (21 April - 13 Juni 2014), dan Landrush (16 Juni - 15 Agustus 2014).

“Setelah itu, tepat pada 17 Agustus 2014, domain anything.id dapat didaftarkan secara normal dengan prinsip pendaftar pertama atau first come first serve,” kata Andi.

Ia menegaskan, apapun.id merupakan domain premium. Karena itu, biaya tahunannya lebih tinggi dari DTD yang ada sekarang, seperti domain: co.id, biz.id, web.id, my.id, or.id, sch.id, ac.id, desa.id, net.id, go.id, dan mil id.

“Forum Nama Domain Indonesia sepakat untuk mengenakan biaya Rp 500.000 per tahun sebelum PPN. Di negara lain, biaya DTT memang lazimnya lebih mahal ketimbang biaya DTD,” tambahnya.

Informasi lebih detail tentang syarat, periode pendaftaran, dan biaya administrasi, dan biaya akuisisi domain apapun.id, Anda dapat membaca tautan berita berikut ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.