iPhone 5S dan 5C Akhirnya Bisa Laris di China

Kompas.com - 17/01/2014, 10:28 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Untuk menggenjot penjualan gadget-gadgetnya, terutama iPhone terbaru, di China, Apple menggandeng operator telekomunikasi China Mobile. Sebelumnya, penjualan dua iPhone terbaru, iPhone 5S dan 5C sangat jauh dari harapan Apple.

Chairman China Mobile, Xi Guohua mengatakan bahwa kini jumlah pemesan dua iPhone tersebut sudah mencapai jutaan.

Dikutip dari The Wall Street Journal, penjualan perdana iPhone oleh operator dengan jumlah pelanggan terbanyak di dunia tersebut akan dimulai pada Jumat (17/1/2014).

"Akhir pekan ini kami akan menjual iPhone di lebih dari 3000 lokasi, China Mobile telah mampu menjangkau banyak kota yang selama ini belum bisa didatangi Apple," terang CEO Apple, Tim Cook.

Tim Cook merasa sangat optimis tentang kerjasamanya dengan China Mobile yang merupakan operator telekomunikasi terbesar di China. Kesepakatan kerja sama dengan operator tersebut tak hanya sebatas pada penjualan gadget saja.

"Ini baru permulaan, kami baru saja memulai kerja sama dan saya pikir ada banyak kerja sama yang bisa dilakukan kedua perusahaan," terang Cook.

Namun sayangnya, bentuk kerja sama lebih lanjut antara Apple dan China Mobile tersebut tidak dijabarkan lebih lanjut baik oleh Cook maupun Xi.

Di China, selain bekerjasama dengan China Mobile, Apple juga menarik dua operator milik pemerintah lain, China Unicom dan China Telecom.

Namun, walau terdengar menjanjikan, Apple tetap menghadapi tantangan di China, karena perangkatnya dijual sangat mahal dan tidak ada subsidi dari operator. Kedua hal tersebut membuat konsumen di China lebih memilih smartphone Android.

Menurut situs web Apple di China, harga retail iPhone 5S 16 GB di China tanpa subsidi adalah 874 dollar AS. Sementara, iPhone 5C dengan kapasitas penyimpanan yang sama dijual 742 dollar AS.

Analis meramalkan, melalui China Mobile, Apple bisa menjangkau 700 juta pelanggan, atau sekitar tujuh kali lipat pelanggan Verizon Wireless, operator terbesar di AS. iPhone juga diprediksi bisa terjual sekitar 15 hingga 39 juta perangkat di tahun 2014 melalui kerja sama ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.