BBM Channel Dompleng Popularitas BBM

Kompas.com - 17/01/2014, 11:34 WIB
BBM Channels KOMPAS.com/DeliusnoBBM Channels
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - BlackBerry melepas BBM Channel untuk perangkat BlackBerry OS 10 dan OS 5 ke atas pada November 2013. Fitur yang sudah diumumkan sejak Mei tahun lalu ini menambahkan kanal-kanal yang bisa diikuti oleh pengguna BBM untuk berinteraksi dan memperoleh update terkini.

Mekanisme BBM Channel mirip dengan Twitter, di mana terdapat kanal (channel) milik user atau brand yang menggaet follower. Bedanya, BBM Channel tidak berbentuk layanan terpisah, melainkan menjadi satu dengan aplikasi BlackBerry Messenger.

Seperti diungkapkan oleh Senior Director Channel Marketing BlackBerry Asia Pacific Krishnadeep Baruah, hal tersebut merupakan keputusan logis mengingat BlackBerry sudah memiliki basis pengguna di BBM.

"Dibanding membuat aplikasi terpisah, kami menyatukannya dalam satu platform. Di BBM sudah ada basis pengguna, jadi kami pikir bisa dikembangkan dari sana," ujar Baruah, ketika ditemui di Jakarta, Kamis (16/1/2014) kemarin.

Beberapa waktu lalu, CEO BlackBerry John Chen sempat mengungkapkan bahwa user BBM saat ini berjumlah 83 juta. BBM Channel sendiri hingga Desember lalu. BlackBerry juga berusaha menambah pengguna BBM dengan melepas versi iOS dan Android dari aplikasi tersebut. Angka download BBM di dua platform persaing BlackBerry itu hingga sekarang telah mencapai 40 juta.

Di samping jumlah pengguna yang besar, Baruah juga menambahkan bahwa 85 persen dari klien BlackBerry Enterprise Server (BES) juga mengizinkan pemakaian BBM di lingkungan perusahaan, sehingga membuka jalan lebih lanjut untuk fitur BBM Channel di aplikasi chatting ini.

Baruah mengaku tak khawatir dengan aspek usability dan privasi di BBM Channel. Pengguna yang hanya tertarik untuk chatting, katanya, bisa memilih untuk mengabaikan fitur ini di BBM. Sebaliknya, mereka yang ingin aktif bisa terlibat langsung dalam mengikuti atau membuat kanal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Follower pun hanya ditampilkan namanya saja. Untuk mengirim pesan perlu ada invitation dan approval terlebih dahulu sehingga privasi terjaga," kata Baruah.

Belum jadi uang

Baruah mengungkapkan bahwa hingga Desember tahun lalu tercatat sudah 250.000 kanal dibuat di BBM Channel, termasuk milik Menteri Perdagangan Indonesia Gita Wirjawan. Akun-akun yang terverifikasi diberi tanda centang berwarna biru.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.