Kompas.com - 17/01/2014, 15:40 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Microsoft sangat mengharapkan sistem operasi ponsel pintarnya, Windows Phone, diadopsi oleh banyak produsen ponsel. Hal ini dilakukan untuk membangun ekosistem, menyediakan beragam pilihan ponsel Windows Phone di pasar.

Untuk merealisasikan misi itu, Microsoft dilaporkan rela membayar sejumlah uang kepada produsen ponsel untuk biaya promosi, penelitian, dan pengembangan. Menurut Eldar Murtazin dari Mobile-Review, Microsoft rela membayar ke Samsung sebesar 1,2 miliar dollar AS, ke Sony 500 juta dollar AS, dan Huawei 600 juta dollar AS.

Selain itu, Microsoft juga memberi 300 juta dollar AS kepada produsen ponsel lain.

Microsoft tidak memberi pernyataan resmi tentang kabar itu. Namun, Kepala Komunikasi Microsoft Frank X Shaw merespons lewat sebuah kicauan di akun Twitter-nya. Ia mempertanyakan data yang diungkap Murtazin, dan mengatakan bahwa semua angka tersebut tidak akurat.

Microsoft selama ini menjalin hubungan eksklusif dengan Nokia untuk membuat Windows Phone. Berdasarkan rumor yang beredar, Microsoft membayar 1 miliar dollar AS per tahun kepada Nokia.

Langkah ini tidak sia-sia. Nokia begitu setia dan menjadi produsen ponsel Windows Phone terbesar di dunia dengan pangsa pasar 90 persen pada Desember 2013, hingga akhirnya bisnis ponsel Nokia diakuisisi oleh Microsoft.

Sony dan Samsung dalam pertimbangan untuk meluncurkan ponsel Windows Phone pada 2014. Dengan ini, pangsa pasar ponsel Windows Phone diharapkan dapat tumbuh untuk melawan dominasi Google Android dan Apple iOS.

Langkah yang dilakukan Microsoft telah dilakukan sebelumnya oleh perusahaan pembuat prosesor Intel. Untuk membangun ekosistem komputer jinjing jenis Ultrabook, Intel dilaporkan memberi bantuan dana 300 juta dollar AS kepada para pembuat komputer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.