Kompas.com - 17/01/2014, 20:09 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Hanya selang beberapa hari setelah rilis internasionalnya, prosesor A-Series APU baru dari AMD resmi memasuki pasaran Tanah Air melalui acara peluncuran di Jakarta, Jumat (17/1/2014).

Dua APU model yang menandai debut seri prosesor yang memiliki kode nama "Kaveri" tersebut adalah A10-7850K dan A10-7700K. "Keduanya sudah mulai tersedia di pasaran mulai hari ini," ujar Marketing Manager AMD Indonesia Armawati Cen ketika ditemui di sela-sela acara.

AMD A10-7850K adalah model teratas yang dibekali empat buah core CPU dan delapan buah core GPU. Kecepatan inti CPU dipatok pada angka 3,7 GHz yang bisa ditingkatkan hingga 4 GHz dalam mode turbo, sementara GPU berjalan pada 720 Hz. Harganya berada pada kisaran 173 dollar AS (sekitar Rp 2,1 juta).

"Adiknya", A10-7700K, dihargai 152 dollar AS (sekitar Rp 1,8 juta). Chip ini memiliki empat core CPU dan enam core GPU. Core CPU bisa dipacu hingga 3,8 Ghz dari kecepatan default sebesar 3,4 GHz, sementara GPU berjalan pada 720 MHz.

Huruf "K" pada A10-7850K dan A10-7700K, menandai multiplier yang bersifat terbuka. Artinya, kedua prosesor bisa digenjot kecepatannya melalui teknik overclocking dengan mudah, hanya dengan menaikkan faktor pengali frekuensi.

Di samping itu, AMD juga akan melepas chip Kaveri lainnya, yaitu A8-7600 yang akan menyusul dirilis pada kuartal pertama 2014. Model ini mengusung empat inti CPU dan enam core GPU yang masing-masing berjalan dengan kecepatan 3,3 GHz (3,8 GHz turbo) dan 720 MHz. Ketiga prosesor Kaveri ini menggunakan kemasan soket FM2+.

Sebagai prosesor generasi terkini, Kaveri turut dibekali beragam teknologi baru dari AMD, seperti dukungan API Mantle dan Direct X 11.2, Heterogeneous System Architecture (HSA), True Audio, dan decoding codec video H.265 yang akan banyak dipakai dalam video Ultra HD (4K).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.