Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia Ponsel Android yang Tak Bisa Disadap NSA

Kompas.com - 18/01/2014, 18:22 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber ENGADGET
KOMPAS.com - Masalah privasi menjadi perhatian publik menyusul terungkapnya kegiatan penyadapan yang dilakukan dinas intelijen Amerika Serikat, National Security Agency (NSA). Dua perusahaan yang bergabung, coba memberi solusinya. Mereka membuat ponsel anti-sadap dan diklaim memberi jaminan keamanan tingkat tinggi.

Dua perusahan itu adalah Silent Circle dari Swiss dan Geeksphone dari Spanyol. Mereka berkolaborasi membuat ponsel pintar bernama Blackphone yang memungkinkan pengguna mengontrol pengaturan privasi dan keamanan.

Ponsel ini dikembangkan oleh ahli kriptologi, keamanan, dan ahli perangkat mobile. Satu-satunya tujuan mereka membuat perangkat ini adalah, menegakkan privasi.

Menurut kedua perusahaan, manusia dan data telah menjadi bagian yang tak dapat dipisahkan, dan teknologi seharusnya membantu merealisasikan hal itu, bukan malah menghancurkan privasi pengguna.

Blackphone dapat digunakan untuk melakukan panggilan telepon, mengirim atau menerima pesan, berselancar internet, transfer atau menyimpan dokumen, hingga melakukan panggilan video yang dijamin keamanannya.

Dari sisi sistem operasi, Blackphone menggunakan Android yang telah dimodifikasi agar mengutamakan keamanan, dan diberi nama PrivatOS. Sementara untuk jaringan, Blackphone dibuka dan dapat bekerja dengan semua operator GSM.

Blackphone dilengkapi dengan protokol enkripsi data PGP (Pretty Good Privacy) yang diciptakan Phil Zimmermann. Ia juga terlibat dalam proyek ini.

"Saya telah menghabiskan seluruh karir saya untuk bekerja menuju peluncuran produk ponsel aman," kata Zimmermann, seperti dikutip dari Engadget. "Blackphone menyediakan segalanya yang dibutuhkan pengguna untuk memastikan privasi dan kontrol komunikasi mereka, bersama dengan semua fitur ponsel pintar high-end yang sesuai harapan mereka."

Blackphone akan dipamerkan kepada publik dalam acara Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol, pada 24 sampai 27 Februari 2014 mendatang. Hingga kini, Circle Silent dan Geeksphone belum mengungkapkan spesifikasi komponen Blackphone secara detail.

Sekedar informasi, Silent Circle merupakan perusahaan yang fokus pada enkripsi, sedangkan Geeksphone dikenal sebagai perusahaan rintisan yang membuat ponsel berbasis Android serta Firefox OS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com